Portal Berita Papua Barat

Super Blue Blood Moon Juga Bisa Dilihat di Manokwari

0 67
Super Blue Blood Moon
Super Blue Blood Moon Bisa Dilihat di Manokwari.(Foto:BMKG Stasiun Rendani)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Super Blue Blood Moon.  Fenomena alam “langkah dan spesial” super blue blood moon atau gerhana bulan total juga bisa dilihat oleh masyarakat di Kabupaten Manokwari. Fenomena alam ini akan terjadi pada Selasa (31/1/2018) malam nanti.

Kepala BMKG Stasiun Rendani – Manokwari, Denny Puttiray mengatakan, masyarakat bisa melihat fenomena alam ini. Dan, tempat yang ideal untuk menyaksikan fenomena tersebut dari daerah ketinggian.
“Masyarakat Manokwari bisa melihat fenomena ini, tentunya jika kondisi cuaca sedang cerah,” jelas Denny ketika dikonfirmasi, Selasa Siang.

Dikatakan, fenomena super blue blood moon ini baru bisa berulang kembali setelah lebih dari 100 tahun lagi. Ia mengatakan, fenomena alam ini bukan sesuatu yang menakutkan.
“Ini adalah fenomena alamiah dan jangan dikaitan dengan mitos yang beredar di masyarakat. Ini merupakan pengetahuan ilmiah yang harus diedukasi kepada masyarakat sehingga mitos yang berkembang dapat tergantikan dengan pengetahuan ilmiah,” ucapn Denny.

Untuk menyaksikan fenomena alam langkah ini bisa dengan mata telanjang. Jika momen ini ingin diabadikan dengan menggunakan kamera tentunya membutuhkan alat bantu seperti lensa dan tripod.
Dari informasi yang dihimpun, Tim Stasiun Geofisika Sorong juga akan melakukan pengamatan. Pengamatan ini akan dilakukan di kantor Stasiun Geofisika.

Denny membahkan, keseluruhan proses gerhana dapat diamati di sebagian besar wilayah di Indonesia. Meski demikian, ada beberapa lokasi akan menjadi tempat terbaik dan ideal untuk mengamatinya.
“Di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur sampai dengan daerah yang berada di sebelah barat Sumatera,” ujarnya.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
error: Content is protected !!