Portal Berita Papua Barat

Syal Untuk Noken Di Manokwari, Jalin Kebersamaan Dalam Keberagaman

0 8

Manokwari, Papuabaratoke.com – Setelah eksis di Kota dan Kabupaten Jayapura, syal untuk noken yang digagas oleh Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, kini hadir di Kabupaten Manokwari.

Koordinator Komunitas Syal For Noken Kabupaten Manokwari Papua Barat, Tonny Wattimena menuturkan syal untuk noken dapat mewadahi semua kalangan masyarakat yang mencintai dan melestarikan noken.

“Noken di Manokwari biasa digunakan untuk aktifitas sehari-hari, termasuk yang menggunakan noken adalah aparatur sipil negara (ASN), karyawan swasta, mahasiswa hingga pelajar. Noken adalah kebanggan kami,” kata Tonny Wattimena, Kamis 29 Juni 2017

Komunitas noken di Manokwari, tidak hanya meningkatkan jalinan kebersamaan masyarakat yang hidup dalam keberagaman, namun juga ikut serta dalam mendukung noken sebagai salah satu kearifan lokal Papua yang diakui oleh UNESCO, sebagai warisan budaya Dunia.

“Jadi intinya kalau bukan kita yang melestarikan noken, siapa lagi, dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” ujarnya.Ia yakin, keunikan tas noken tidak kalah jauh menariknya, dari tas-tas bermerk terkenal yang dijual mahal di pasaran.

“Pake noken itu elegan, simpel dan yang terpenting kita ikut menjaga dan melestarikan budaya Papua,” kata pria kelahiran Kota Jayapura ini. (***/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!