Portal Berita Papua Barat

Tak Hanya Beragam, Pangan Lokal Juga Harus Bergizi

0 27

Manokwari, Papubaratoke.com  – Pola konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, merupakan pangan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Pangan lokal yang dikonsumsi masyarakat setempat sesuai potensi dan kearifan lokal, berasal dari bahan pangan yang mudah didapat setiap saat.

“Pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan, termasuk  keseimbangan gizi,” ujar Sekda Manokwari, Fredik Musa Lalenoh, Rabu (19 Juli 2017). Saat membuka lomba Cipta Menu Pangan di Gedung Wanita Manokwari.

Sekda menyebut agenda rutin tahunan terbut merupakan bagian dari sosialisasi untuk menciptakan menu makanan yang bergizi. “Khusus bagi ibu rumah tangga, siapkan menu yang beragam dan bergizi, seimbang serta aman bagi keluarga, sesuai potensi pangan lokal,” terangnya.

Bukan hanya sekedar perlombaan, namun kegiatan seperti ini lebih kepada memasyarakatan pemahaman gizi yang seimbang dan aman dalam pangan lokal. “Tim Penggerak PKK kabupaten, distrik dan kampung serta organisasi wanita, harus berperan aktif mensosialisasikan pentingnya keseimbangan gizi yang baik,” pesan Sekda. Perlombaan Cipta Menu Pangan ini diikuti 7 tim PKK tingkat distrik, dengan menyajikan beragam makanan dari bahan lokal. Diantaranya, makan untuk sarapan pagi, siang dan malam, tentu dengan memenuhi kebutuhan gizi. (VWM/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com