Portal Berita Papua Barat

Tebarkan Virus-virus Literasi, Target Anak Usia Sekolah

0 6
Ali Sunarko

Manokwari, Papuabaratoke.comLiterasi, kini menjadi permasalahan tersendiri bagi Indonesia,  khususnya Papua.

Dengan minat baca yang terbilang cukup rendah,  Pemerintah dan berbagai LSM di berbagai daerah mulai menggencarkan gerakan untuk membaca dengan berbagai cara.  Di Manokwari, salah satunya adalah melalui seminar.

Tepat di hari ini, Sabtu (29/7) bertempatkan di Aula SMP Yapis Manokwari telah terselenggara Seminar Literasi Sekolah dengan tema “Mewujudkan Sekolah Berliterasi Menyongsong Masa Depan Siswa Yang Cemerlang”.

Maman Suherman, foto bersama anak-anak di Kampung Aipiri

Kemudian kang Maman melanjutkan acara yang serupa di Kampung Aipiri untuk bersua dengan anak anak di Kampung itu.

Sebagai narasumber utama, Maman Suherman yang adalah seorang penulis dan notulen di trans 7, menjadikan seminar tentang literasi ini menarik dan penuh inspirasi bagi para peserta seminar yang didominasi oleh siswa-siswi tingkat SMP.

Tentu merupakan gambaran yang tepat bagi serunya seminar tersebut. Ali Sunarko mewakili Motor Noken Pustaka sebagai penyelenggara, mengungkapkan bahwa seminar ini diadakan dengan tujuan menyebarkan virus-virus literasi dengan target anak-anak usia sekolah.

“Di masa kini anak-anak jauh lebih akrab dengan gadget, sedangkan membaca buku sudah mulai enggan. Maka dari itu kami bergerak untuk menanamkan minat membaca sejak usia dini. Salah satunya dengan kegiatan seminar ini,”  tuturnya.

Maman Suherman dan Safei pose di Motor Noken Pustaka

Salah satu narasumber,  Safei mengungkapkan bahwa membaca dan berliterasi tidak perlu mahal. “Dulu saya awal mengenal dunia literasi melalui sobekan kertas koran yang digunakan untuk membungkus cabai yang dibeli ibu saya di pasar. Jadi tidak perlu buku yang mahal untuk kita bisa membaca dan belajar,” ucapnya.

Sebagai penutup, Maman menegaskan bahwa perpustakaan sebaiknya dimanfaatkan sebesar-besarnya,  jangan dijadikan ruang mati.

“Karena saya percaya,  jika semua anak terliterasi,  maka di bumi Manokwari ini akan tercipta mutiara-mutiara cemerlang mengalahkan  orang-orang hebat diluar sana,” tutupnya dengan semangat membara.(BV/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!