Portal Berita Papua Barat

Tekat Tak Ulangi Kesalahan, Kapolres Sorsel Apresiasi Bhabin Brigpol Jubel

0 126
Tekat Tak Ulangi Kesalahan, Kapolres Sorsel Apresiasi Bhabin Brigpol Jubel
Tekat Tak Ulangi Kesalahan – Kapolres Sorong Selatan (Sorsel) AKBP Romylus Tamtelahitu, S.Sos, SIK., M.Krim, (Kanan) mengapresiasi saat mengunjungi dan melihat bukti kesalahan yang ditempel di dinding rumah Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sorsel yakni Brigpol Jubel Jowey (Kiri), Sabtu (9/2/2018). (Foto: Ist)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Tekat Tak Ulangi Kesalahan.  Kapolres Sorong Selatan (Sorsel) AKBP Romylus Tamtelahitu, S.Sos, SIK., M.Krim, mengapresiasi salah satu Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Sorsel yakni Brigpol Jubel Jowey.

Brigpol Jubel mendapat apresiasi tersebut, saat Kapolres Romylus melakukan kunjungan door to door ke rumah-rumah anggota Kepolisian di jajaran Polres Sorsel, Sabtu (10/2/2018).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin semenjak laki-laki asal ambon itu menjabat sebagai Kapolres Sorsel.

“Saya kaget dan tersanjung saat mengunjungi salah satu rumah bawahan saya, yakni Brigpol Jubel, bintara yang kesehaarian berdinas di Pospol pasar Kajase dan juga merangkap sebagai Bhabinkamtibmas. Saya dapati didalam rumahnya ada sebuah bukti pernyataan surat tidak mengulangi kesalahan tertempel di dinding rumah,” ujar kepada Papuabaratoke.com, melalui siaran pers, Sabtu (11/2/2018) kemarin.

Romylus menjelaskan, sangat terharu dan bangga melihat ada bukti kesalahan yang pernah dilakukan oleh Jubel dipajang dengan rapi, dan ditempel di dinding tepat di ruang tamu.

“Saat saya tanya, Jubel menerangkan bahwa dahulu ia pernah melakukan pelanggaran dan dihukum oleh kepala Pospol pasar Kajase yang saat itu bapak Hariono. Akibat kesalahannya, Jubel juga diperintah untuk membuat surat pernyataan tak akan mengulangi kesalahan lagi.

Surat pernyataan yang merupakan bukti kesalahan itulah saat ini dipajang di ruang tamu sebagai pengingat bahwa dirinya dahulu pernah buat kesalahan.

“Saya sengaja pajang, supaya sa tidak ulangi lagi,” terang Jubel sebagaimana ditirukan Kapolres Romy.

Peristiwa seperti ini terang Romy sangat langka di lingkungan kepolisian. Bahkan di masyarakat umum saja jarang menjumpai ada orang yang mengakui kesalahannya dan tak ingin diketahui orang lain.

Baca Juga:  Kadinkes Parorongan: OAP di Papua Barat Harus Bebas Gizi Buruk

“Reaksi normal saat sesorang berbuat salah adalah rasa malu. Atau setidaknya mereka takut akan mengecewakan orang lain jika. Tapi tidak dengan Jubel. Pria asli kelahiran Papua tersebut rela mempermalukan dirinya demi suatu perubahan yaitu komitmen berperilaku baik. Tempelan kertas surat pernyataan sebagai bukti kesalahan masa lalunya di dinding rumahnya untuk mengajarkannya dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik,” tutur Romylus.

Alhasil dari perubahan itu Brigpol Jubel menjadi bhabinkamtibmas yang paling rajin kunjungi masyarakat. Laporan harian saat dirinya naik piket di Pospol Kajase, kerap diposting di grup Pospol dan bhabin.

Dan tak hanya disitu lanjutnya, pria asal papua tersebut menjadi bhabinkamtibmas pertama yang bisa menggerakan kepala kampung untuk memasang baleho sosialisasi dana desa.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com