Portal Berita Papua Barat

Terpidana Rumadas dan Auri, Kompak Dirawat di RSAL

0 2.161
Terpidana, Yosef Yohan Auri selaku mantan Ketua DPR Papua Barat, Marthen Luther Rumadas mantan Sekda Papua Barat, RSAL Manokwari
Marthen Luther Rumadas Atau MLR, mantan Sekda Papua Barat, diperiksa kesehatan hingga dirawat inap di RSAL Manokwari, Selasa (16/1/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari,Papuabaratoke.com – Terpidana.  Dua orang narapidana kasus korupsi yang, Yosef Yohan Auri selaku mantan Ketua DPR Papua Barat dan Marthen Luther Rumadas mantan Sekda Papua Barat, kompak diperiksa kesehatan hingga dirawat inap di RSAL Manokwari.

Kedua narapidana yang dihukum atas kasus korupsi dana hibah APBD Papua Barat Tahun Anggaran 2010-2011 untuk PT. Padoma senilai Rp 22 miliar, dilakukan pemeriksaan kesehatan lengkap di RSAL Manokwari, Selasa (16/1/2018).

Kalapas Kelas IIB Manokwari Yosef. B. Yembise, mengatakan, dua terpidana korupsi (MLR dan YYA, red) mengatakan, belum genap 24 jam pasca dijebloskan Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari di Lapas, sekitar pukul 11.00 WIT, Senin (15/1/2018) kemarin, keduanya mengajukan untuk pemeriksaan kesehatan.

“Iya, mereka baru dilimpahkan kejari kemarin. Hari ini belum genap 24 jam di Lapas, kedua terpidana resmi di kawal petugas untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lengkap, karena penyakit yang dideritanya,” ujar Kalapas.

Lanjut dijelaskan, Mantan Sekda Papua Barat, MLR diketahui memiliki riwayat penyakit Jantung, sedangkan YYA selaku mantan Ketua DPR Papua barat diketahui menderita penyakit stroke.

“Sesuai rekam medis, RLM didiagnosa penyakit jantung, sedangkan YYA menderita Stroke. Sebelum dilimpahkan, dokter pendamping YYA menjelaskan YYA sempat bersepeda dan terkilir,” ujar Yembise.

Meski demikian, Yembise menegaskan pihaknya tak akan kompromi dan pilih kasih terhadap kedua narapidana tersebut. Dimana akan tetap menjalani hukuman di dalam Lapas Kelaa II B Manokwari.

Terpidana, Yosef Yohan Auri selaku mantan Ketua DPR Papua Barat, Marthen Luther Rumadas mantan Sekda Papua Barat, RSAL Manokwari
Yosef Yohan Auri mantan Ketua DPR Papua Barat, tengah dirawat di RSAL Manokwari, Selasa (16/1/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

“Saya tidak ada tebang pilih, semua sama. Ruangan juga sama dan untuk Rumadas dan Auri, kita masih tunggu perkembangan pemeriksaan insentif pada Rabu, (17/1/2018) pagi oleh dokter spesialis. Karena tadi beberapa mengeluh sakit dan akhirnya dirawat inap sementara,” tukasnya.

Baca Juga:  Gubernur PB Beri Waktu 1 Minggu Cabut Ijin Toko Penampung Miras

“Rumadas dan Auri kini dijaga ketat pengawalan kami. Saya sudah tugaskan aparat untuk berjaga di RSAL. Tidak ada kompromi,” tukasnya.

Adapun hasil pemeriksaan medical MLR dan YYA besok, Kalapas berjanji akan melaporkan kepada Kakanwil dan dipertimbangkan dalam sidang Tim Pemantau Pemasyarakatan Kemenkumham Papua Barat.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!