Portal Berita Papua Barat

Test di Jakarta, Pelamar CPNS Kemenkumham Kecewa

0 54
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Agus Soekono. Foto : (THX/Pboke)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemnkumham) ,terhitung berjalan tiga hari setelah Selasa, 1 Agustus 2017. CPNS kali ini disediakan 323kursi yang terdiri dari 280 kualifikasi pendidikan SMA dan 43 untuk Sarjana (S1) serta dokter umum.

Sejak dibuka pendafatan secara online, para pelamar memadati Kantor Kemenkumham Papua Barat untuk mencari informasi lebih lanjut terkait test yang menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Mereka menyatakan kekecewaannya karena test tersebut khusus untuk formasi S1 dilaksanakan di Jakarta.

“Kalau tes di Jakarta, uang habis banyak. Coba sudah dinyatakan lulus dulu (diterima CPNS) baru kesana,” papar Edo, pelamar saat ditemui dikantor Kemenkumham Papua Barat, Jumat (4 Agustus 2017).

Kekecewaan mereka (pelamar) cukup beralasan mengingat biaya traportasi ke Jakarta yang cukup mahal. Belum lagi ditambah biaya hidup selama berada disana Apalagi tes seleksi terdiri dari tiga tahapan, diantaranya kompetisi dasar, seleksi kompetensi bidang melalui CAT dan seleksi wawancara.

Para Calon Pendaftar Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di halaman Kantor Kemenkumham Papua Barat di Arfay, Manokwari. Jum’at 04 Agustus 2017. Foto : (THX/Pboke)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Agus Soekono, menerangkan seleksi Formasi S1 dilaksanakan di Jakarta sesuai penetapan Kemenkumham RI.“ Kami sudah usulkan untuk dilaksanakan di Papua Barat, tetapi sudah ditetapkan Kemenkumham. Kami tidak bisa mengambil kebijakan sendiri,” paparnya.

Sedangkan, tes untuk Formasi SMA dilaksanakan di Manokwari, mulai pendafaran online, pemeriksaan berkas melaui PO BOX pendaftaran hingga 26 Agustus nanti. Peserta yang lulus akan mendapat nomor untuk seleksi CAT.

Baca Juga:  Fasilitas Penunjang Keterampilan dan Sumber Pengetahuan Guru Masih Minim

“Menganai tempat tes untuk fomrasi SMA belum ditentukan. Ada tiga tempat yang direkomendasikan, yaitu di Unipa, SMA 1 dan SMK 3 Manokwari,” terang Agus.Ia juga membenarkan penerimaan CPNS tahun ini tidak tersedia untuk formasi DIII. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com