Portal Berita Papua Barat

“Toma” Sanggeng Apresiasi Sahabat Polisi Bisa Rangkul Masyarakat

0 89
Tokoh Masyarakat Sanggeng, Markus Yenu (Foto: Clemens/PBOKe)
Manokwari,Papuabaratoke.com – Salah satu Tokoh Masyarakat (Toma) Komplek Sanggeng, Markus Yenu, mengapresiasi Sahabat Polisi Papua Barat, yang bisa merangkul masyarakat dengan sukses menggelar lomba masak pengolahan buah Sukun, di Kelurahan Sanggeng RT 03 / Rw 4, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Sabtu (13/1/2018).

Menurut Yenu, yang juga Ketua Panitia kegiatan yang dimotori Kepolisian Resor (Polres) Manokwari dan Sahabat Polisi tersebut, selain bertujuan membangun pendekatan pada masyarakat Manokwari, khususnya masyarakat Sanggeng, juga esensi dari kegiatan ini adalah pemanfaatan buah sukun lokal.

Dimana masyarakat selama ini hanya mengolah buah sukun sebatas konsumsi terbatas saja. Namun kata dia, dengan kegiatan ini banyak hal yang diperoleh masyarakat dalam mengolah buah sukun menjadi berbagai jenis olahan.

Selain itu, Yenu menuturkan, pemilihan tempat yakni di Sanggeng adalah hal yang tepat. Dikarenakan komplek Sanggeng merupakan pusat buah sukun.

Dalam perlombaan ini lanjutnya, diikuti puluhan peserta yakni mama-mama (Ibu) Papua Sanggeng Dalam. Dan peserta dibagi dalam 30 kelompok dengan kategori juar 1 hingga juara 5.

Pemenang akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan dan juga peserta yang tak mendapatkan juara tetap mendapatkan uang ganti rugi.

“Sanggeng kan identik dengan dengan daerah konflik, tetapi hari ini Sahabat Polisi dan Polres Manokwari, bisa hadir melaksankanakan kegiatan bersama warga masyarakat. Ini menunjukan bahwa tidak semua warga Sanggeng suka konflik, warga sanggeng juga ingin damai,” ucap Yenu.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Polres Manokwari dan Sahabat Polisi, khususnya Bapak Kapolres yang baru saja menjabat lebih kurang sebulan ini, karena turut hadir menggelar kegiatan ini. Kedepan kami berharap kegiatan pembinaan seperti ini lah yang harus ditingkatkan, terutama pada adik-adik generasi kita. Sehingga mendapat bekal tetapi juga meningkatkan kemampuan diri mereka dalam hidup sosial, meningkat kan kepercayaan diri sehingga Sanggeng yang dikenal dengan daerah konflik dengan sendirinya lama-kelamaan generasi kita hidup baik di tanah yang di berkati Tuhan ini,” pungkas.

Baca Juga:  BREAKING NEWS : Dinas Perumahan Papua Barat Terbakar
Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!