Portal Berita Papua Barat

Ujian Nasional Tingkat SMP Mulai Maret, Hanya Tiga Sekolah Siap Laksanakan

0 67
Ujian Nasional Tingkat SMP Mulai Maret
Ujian Nasional Tingkat SMP Mulai Maret – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Manokwari, Barnabas Doansiba, usai mengikuti apel pagi di lapangan upacara kantor bupati Manokwari, Senin (19/2/2018). (Foto: Clemens Mandacam/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Ujian Nasional Tingkat SMP Mulai Maret.  Pelaksanaan ujian nasional serentak di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dimulai Maret 2018 mendatang.

Namun, di Kabupaten Manokwari, baru tiga SMP negeri yang dinyatakan siap menggelar ujian nasional serentak.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Manokwari, Barnabas Doansiba, usai mengikuti apel pagi di lapangan upacara kantor bupati Manokwari, Senin (19/2/2018).

Dalam minggu ini, kata dia, pihaknya melaksanakan penyusunan soal ujian. Karenanya, ia menghimbau para guru khusus di kelas sembilan (SMP) dan kelas enam (SD), segera mempercepat ketuntasan materi proses belajar mengajar di sekolah-sekolah masing-masing.

“Karena kita sudah agak terlambat, waktu kita sudah tidak ada, ujian sekolah bulan Maret sudah harus dilaksanakan. Jadi proses belajar mengajar sudah harus tuntas,” ujarnya.

“Memang tak semua sekolah sudah siap mengikuti ujian, hanya beberapa sekolah yang siap, seperti di SMP 13 pasir putih, SMP 1 dan SMP negeri 2,” sambung Doansiba.

Hal ini disebabkan keterbatasan anggaran untuk pengadaan komputer. Meski demikian, khusus untuk di kota Manokwari karena didukung kesiapan jaringan, maka pelaksanaan ujian nasional serentak tak mendapat kendala.

“Di kota Manokwari, semua sudah siap jadi tidak ada masalah. Kecuali sekolah-sekolah yang berada di pinggiran Manokwari, apa lagi anak-anak sekarang masalah internet sudah menjadi kebiasaan jadi khusus untuk di kota tidak ada masalah, bebernya.

Lanjutnya, Doansiba meminta agar para orangtua murid, ikut memotifasi anak-anaknya untuk lebih giat belajar. Dan dia menyelipkan pesan, bahwa kesuksesan siswa tak hanya bergantung pada para guru, namun peran serta orangtua juga sangat menentukan.

Khusus untuk ULBK, bagi orang tua yang menginginkan anaknya sekolah dia luar Papua dan sekolah unggulan yang berada di Papua Barat maupun provinsi Papua, segera memacu semangat belajar anaknya.

Baca Juga:  Ibadah Natal Bersama Keluarga Sinonsayang di Manokwari, Merawat Kerukunan

“Beri dukungan penuh pada anak. Karena sekarang tidak seperti dulu, hasil yang diperoleh itu lah hasil dari anak-anak, tidak ada embel-embel nilai,” tutupnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com