Portal Berita Papua Barat

UKM Pramuka Unipa Akan Laksanakan JOTA-JOTI

0 21
UKM Pramuka Unipa
UKM Pramuka Unipa – Pembina UKM Pramuka Unipa, Johanes Adda Lebang
Manokwari, Papuabaratoke.comUKM Pramuka Unipa. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Papua (Unipa), Manokwari, akan berpartispasi pada  Jamboree On The Air/JOTA (Jambore di udara) ke-80 dan Jamboree On The Internet/JOTI (Jambore di internet) ke-38 pada 20-22 Oktober 2017.

Kegiatan ini dipusatkan di Usaha Mandiri UKM Pramuka Unipa di Jalan Gunung Salju Manggoapi Amban. Dan, gratis bagi anggota pramuka.

Pembina UKM Pramuka Unipa, Johanes Adda Lebang, Kamis (19/10/2017) mengatakan, JOTA-JOTI adalah kegiatan tahunan tingkat dunia dan merupakan kegiatan terbesar yang diselenggarakan tahun 2017 oleh Gerakan Pramuka kwartir nasional yang diikuti oleh 34 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.

Dia mengatakan, kegiatan JOTA mempergunakan perangkat radio amatir yang akan di dukung oleh ORARI Lokal Manokwari. Sedangkan  kegiatan JOTI adalah kegiatan chat dengan Pramuka-Pramuka dari seluruh penjuru dunia dengan menggunakan kanal IRC.

“Untuk dapat mengikuti kegiatan JOTI dalam komputer harus ada software chat IRC, misalnya mIRC atau XChat. Ini merupakan pembelajaran bagi para Pramuka untuk mengenal dan bertukar pengalaman dengan Pramuka-Pramuka dari berbagai penjuru dunia,” ungkap Lebang.

Menurutnya, UKM akan memfasilitasi internet secara gratis sehingga anggota pramuka baik, siaga, penggalang, penegak dan pandega serta Pembina dapat berpartsipasi dengan menggunakan laptop pribadi. Sedangkan perangkat radio akan diukung oleh rekan-rekan ORARI Lokal Manokwari.

“Kegiatan JOTA-JOTI merupakan kegiatan setiap tahun dan untuk kedua kalinya yang dilaksanakan oleh UKM Pramuka Unipa,” ujarnya.

Dikatakan, dari stasiun-stasiun yang didirikan, setiap pramuka berkesempatan untuk mengikuti JOTA dan JOTI sehingga dapat berkomunikasi, bertukar pikiran, serta berdiskusi dengan berbagai pramuka lain se-Indonesia dan se-Asia Pasifik, maupun internasional.

Baca Juga:  Gudep Pramuka dan UKM Unipa Dukung Program Manokwari Nol Sampah

Disamping itu, kegiatan ini untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam wadah Gerakan Pramuka. Pada kesempatan ini juga Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengadakan Lomba Desain Logo dan Lomba QSL Card yang menggambarkan ciri khas daerahnya.

“Peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat datang langsung pada saat kegiatan di Usaha Mandiri UKM Pramuka Unipa Manggoapi atau pada Sekretariat UKM pramuka pada kampus Unipa,” kata Lebang. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!