Portal Berita Papua Barat

ULP Papua Barat Dituntut Perbaiki Kinerja, Masyarakat Diajak Ikut Kawal Proses Lelang

0 86
ULP Papua Barat Dituntut Perbaiki Kinerja
ULP Papua Barat Dituntut Perbaiki Kinerja – Anggota DPR Papua Barat Matheos E.Selano. (Foto: papuabaratoke.com/Istimewa)
Manokwari, Papubaratoke.com – ULP Papua Barat Dituntut Perbaiki Kinerja.  Komitmen Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan agar penyerapan APBD Tahun Anggaran 2018 maksimal, salah satunya ditunjukan dengan mendorong pelelangan proyek prosesnya dipercepat.

Anggota DPR Papua Barat Matheos E. Selano mengapresiasi upaya gubernur tersebut. Ia mengatakan, komitmen gubernur harus didukung dengan kinerja optimal dari Unit Pengadaan Layanan (ULP) melalui Pojka yang ada.

“ULP melalui pokja-pokja yang ada bisa belajar dari pengalaman tahun lalu, banyak kendala. Sehingga tahun ini proses itu harus bisa berjalan baik. Artinya, apa yang kurang, terhambat di mana, bisa diperbaiki. Kita berharap juga masyarakat harus mengontrol dan mengawasi proses pelelangan proyek,” kata Selano, Kamis (5/4/2018).

Proses pelelangan proyek, lanjut Selano, harus dilakukan bersama supaya mencegah adanya permainan atau indikasi yang tidak baik dalam pelelangan khususnya syarat-syarat pelelangan.

“Belajar dari tahun lalu, ada banyak sekali persyaratan yang sebenarnya tidak perlu tetapi disyarakatkan oleh pokja. Ini merupakan sebuah rekayasa,” tandasnya.

Sejumlah syarat yang dimaksudkan, adalah Sertifikat Keahlian (SKA) yang meliputi SKA teknik, ketrampilan, muda, madya. Di mana, sejumlah persyaratan diwajibkan sehingga menjadi celah untuk menggugurkan peserta lelang.

Menurut Selano, sejumlah persyaratan tersebut tidak diwajibkan di dalam aturan pelelangan proyek. Ini sama saja merugikan masyarakat. Dengan demikian, Selano mengajak masyarakat segera melaporkan jika menemukan kejanggalan dalam proses pelelangan.

“Ini masyarakat harus mengawasi jika menemukan kejanggalan cepat merespon dengan laporkan ke inspektorat atau pihak berwajib dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan,” ujarnya mengingatkan.

Ditambahkan, hingga kini belum ada satupun paket proyek pekerjaan yang sudah dilelang oleh ULP. “Sejauh ini kita pantau belum ada yang dilelang,” pungkasnya.

Baca Juga:  WTP Bukan Bangga-banggaan, Pemprov Diingatkan Tingkatkan Kinerja
Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!