Portal Berita Papua Barat

Woow Sidak Bapok Amankan 20 Ton Beras Rusak

0 17

Manokwari, Papuabaraoke.com – Tim Inspeksi Dadakan Bahan Pokok (Sidak Bapok) gabungan Polda Papua Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdaganan Papua Barat, mengamankan 20 ton beras dalam kondisi rusak, di gudang salah satu toko di Jalan Merdeka Manokwari.

Beras berbagai merek ini ditumpuk dalam gudang dan secara fisik terlihat tak layak dikonsumsi. Tumpukan beras ini kemudian disegel dengan garis polisi.

Andrian Matakupang, Kepala Seksi Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Disperindag Papua Barat, mengatakan, beras-beras tersebut disegel sambil menunggu proses pemeriksaan terhadap pemilik gudang. Jika merupakan unsur kesengajaan, pemiliknya dikenakan pasal dalam UU Pangan Nomor 18 Tahun 2012.

“Disegel sementara dan akan kembali disortir ulang. Mungkin karena kondisi suhu yang lembab dalam gudang,membuat ribuan karung beras itu rusak. Mungkin juga kelalaian pemilik toko, karena beras sudah mengendap sejak 2016 dalam gudang,” terangnya.

ika dilihat dari label karung, lanjut dia, kemungkinan beras dari luar negeri dan diekspor dari China. Namun untuk proses selanjutnya, hal ini diserahkan ke Polda Papua Barat.

Selain beras, sejumlah makanan kemasan maupun alat kosmetik yang melampaui batas waktu (kadaluarsa), ikut diamankan petugas. Sesuai informasi yang dihimpun Pboke, petugas akan melanjutkan pemeriksaan ke sejumlah gudang bapok di Manokwari. (ARN/PbOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com