Portal Berita Papua Barat

Wujudkan Program Papua Terang, PLN Siap Masuk Pedalaman Wondama

0 6
Manager PLN Manokwari, Sulistyo

Manokwari, Papuabaratoke.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero wilayah Manokwari, Papua Barat, menyatakan siap masuk hingga pedalaman Kabupaten Wondama.

Hal ini sebagai Kerjasama yang disepakati antara Manager PLN Manokwari, Sulistyo bersama Bupati Teluk Wondama, Bernadus A. Imburi, pada Minggu lalu, guna mewujudkan program Papua terang yang diinstruksikan Presiden RI, Joko Widodo.

“Presiden inginkan adanya Indonesia terang, maka program yang direncanakan selesai 2020, ini, dimajukan hingga 2019. Sehingga program Indonesia terang betul-betul menjawab kebutuhan listrik di seluruh pelosok, termasuk Papua” ucap Sulistyo, Selasa (19/12/2017).

Kabupaten Teluk Wondama, menurut Sulisiono, masih berada di wilayah kerja PLN Manokwari, sebab pengelolaan listrik disana masih menggunakan sistem kerjasama. Meskipun assetnya milik pemda setempat namun PLN yang dipercayakan untuk kelolanya. Dimana kebutuhan listrik disana masih mencapai 1300 mega.

“Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) disana masih cukup memenuhi kebutuhan masyarakat dan pemerintah, karena mencapai 1300 mega” kata Sulistyo.

Sedangkan untuk daerah kepulauan, seperti Rumberpon masih menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Dan hingga saat ini terdapat 200 pelanggan yang menggunakan PLTS di 3 kampung yang berada di Rumberpon.

Lebih lanjut, dia mengemukakan kalau wilayah kerja PLN Manokwari meliputi 10 daerah, termasuk Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Pegunungan Arfak dan Nabire Papua.

Untuk 10 wilayah kerja PLN Manokwari, tambah Sulisiono masih ada 7500 kampung yang harus segera diterangi. Termasuk kampung di daerah Teluk Wondama yang sudah dibahas bersama Bupati agar bisa terlayani listrik.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Hanas Warpur
Comments
Loading...
error: Content is protected !!