Portal Berita Papua Barat

Wujukan Manokwari “Nol Sampah”, Pramuka Unipa dan DLH Sulap Limbah Plastik

0 185
Pramuka Unipa dan DLH Sulap Limbah Plastik
Pramuka Unipa dan DLH Sulap Limbah Plastik – Limbah plastik yang dikumpulkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unipa Manokwari dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten untuk kemudian diolah menjadi biji plastik yang bernilai ekonomis.(Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pramuka Unipa dan DLH Sulap Limbah Plastik.  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka unit Unipa Manokwari dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari langsung action wujudkan Manokwari “Nol Sampah” dengan menyulap limbah plastik.

Sinergi ini dilakukan yakni mengelolah limbah plastik, mulai dari pemilahan sampai pengolahan hingga menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi.

Pembina UKM Pramuka Unipa, Johanis Ada Lebang menuturkan, persoalan saat ini sudah disampaikan Bupati Manokwari bahwa masih minimnya pihak swasta yang melirik terkait pengelolaan sampah, khususnya limbah plastik di kabupaten Manokwari.

Diakui Yohanes Ada Leban bahwa sampai saat ini UKM Pramuka dengan semangat kemandirian tetap focus melaksanakan pengelolaan sampah dimulai dari pemilahan khusus limbah plastic yang dilakukan pada tingkat peserta didik yang berada di gugus depan Pramuka binaan.

“Hal ini sebagai bagian dari pendidikan karakter yang dilakukan dalam wadah gerakan pramuka dengan menumbuh kembangkan kesadaran tentang budaya bersih, yang juga merupakan penjabaran dari kurikulum nasional terkait sekolah adiwiyata” kata Lebang kepada Papuabaratoke.com, Jumat(23/2/2018).

Pembina UKM Pramuka Unipa, Johanis Ada Lebang memperlihatkan
limbah plastik yang dikumpulkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unipa Manokwari dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten yang diangkut dengan mobil khusus DLH Manokwari, untuk kemudian diolah menjadi biji plastik yang bernilai ekonomis.(Foto: Istimewa)
Baca Juga:  Pemerhati : Perda Solusi Atasi Sampah di Manokwari

Lebih dari itu, tutur dia, pihaknya melakukan sinergitas kegiatan kepada kelompok masyarakat maupun komunitas dalam menindaklanjuti program kalpataru dan adipura serta bebas sampah 2020 yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Menurutnya, dengan dukungan ini, UKM Pramuka Unipa dan kerjasama dengan pihak ketiga hingga saat ini tetap melaksanakan tugas kemanusiaan demi mewujudkan Manokwari “Nol Sampah”.

Dimana melakukan pengolahan limbah plastik yang dikumpulkan pada bank sampah UKM Pramuka Unipa menjadi biji-biji plastik yang memilki nilai ekonomis yang kemudian dipasarkan ke Kota Surabaya.

“Saat ini dengan dukungan mitra pemerintah dan pribadi dan atas dukungan mobil khusus limbah plastik direncanakan akan mebangun mesin pembuat tutup gallon yang akan memenuhi kebutuhan pengusaha galon di tanah papua hingga keluar Manokwari” ucap Lebang.

Lanjutnya, dukungan pemerintah, swasta dan masyarakat sangat diharapkan untuk tetap sinergi. Disamping itu masyarakat dapat membersihkan lingkungannya masing masing dengan melakukan pemilahan khusus limbah plastik (Bekas kemasan minuman, oli, minyak dll) dan menghubungi unit pramuka Unipa.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com