Portal Berita Papua Barat

YPK Pantas Disebut Rumah Peradaban Manusia Papua

0 40

- Advertisement -

Rumah Peradaban Manusia Papua
Rumah Peradaban Manusia Papua – Kaleb Mofu, S.Pd, Ketua PSW (Pengelola Sekolah Wilayah) saat membacakan sambutan pada perayaan hari jadi YPK ke 56 tahun di tanah Papua yang digelar di SD YPK Pasir Putih Distrik Manokwari Timur Kabupaten Manokwari Papua Barat, Kamis (8/3/2018). (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Rumah Peradaban Manusia Papua.  Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) disebut sebagai rumah peradaban manusia papua.

Hal ini dungkapkan Ketua YPK, se-Papua-Papua Barat, Dr. Nomensen S.Mambraku, melalui Kaleb Mofu, S.Pd, Ketua PSW (Pengelola Sekolah Wilayah) pada perayaan hari jadi YPK ke 56 tahun di tanah Papua yang digelar di SD YPK Pasir Putih Distrik Manokwari Timur Kabupaten Manokwari Papua Barat, Kamis (8/3/2018).

Dikemukakan, di HUT YPK yang ke 56 tahun, seluruh pengurus hingga orang papua patut bersyukur kepada Yesus Kristus dan Allah Bapa melalui roh kudus, YPK Berusia 56 tahun.

YPK 56 tahun silam sebelumnya berbendera zending, pada tahun 1855-1962, telah mencatat YPK sebagai pendidikan tua. Tak ada yang dapat memungkiri bahwa YPK telah memberikan sumbangsi yang berarti bagi pengembangan sumberdaya manusia Papua dari waktu ke waktu.

“Sekali lagi ijinkan saya mengulagi pernyataan bahwa YPK patut disebut dan diberikan penghargaan sebagai rumah peradaban manusia Papua. Lamban tapi pasti bahwa YPK telah mengantarkan manusia Papua dari zaman kegelapan menuju peradaban baru yang penuh cinta kasih,” ujarnya.

Dr. Nomensen melalui Kaleb Mofi menuturkan, Api peradaban manusia papua yang diletakan oleh YPK telah menjadi tombak baru, sejarah baru untuk mengukir dan menatap masa depan yang lebih baik dari masa lampau dan kekinian,

“Saya ingin ulangi lagi, pernyataan saya bahwa tidak ada satupun manusia di atas tanah ini yang memungkiri YPK adalah rumah peradaban manusia papua. Dengan penuh ketulusan hati, selaku ketua badan pengurus YPK di tanah papua yang bertanggung jawab dalam konteks pemgembangan YPK melalui semangat kerja sama, terangkat BPBPK saya mengintruksikan agar seluruh wilayah pelayanan YPK ditanah papua ditetapkan ke dalam sistem klaster. BP YPK telah merancang empat klaster diseluruh wilayah tanah papua. Yakni klaster diaspora yang meliputi wilayah utara dan sebagian pegunungan tengah, klaster maranatha meliputi wilayah teluk cenderawasih, klaster imanuel meliputi wilayah kepala burun, dan klaster Ottouw Geisler meliputi sebagian wilayah pegunungan tengah dan wilayah selatan tanah Papua,” sebut dia.

Baca Juga:  Fransiskus Tanuardus Nahkodai PSSI Papua Barat

Ia menerangkan, setelah klaster-klaster tersebut terbentuk maka YPK bertekat mengembangkan sekolah moderen, pendidikan berkarakter Kristen yang disebut pusat sekolah terpadu.

“Kami juga akan mendesain sekolah yang lengkap, tenaga guru yang berkualitas dan profesional, dukungan fasilitas pembelajaran yang memadai, dan dukungan pembiayaan melalui dana jemaat empat persen untuk Yayasan Pendidikan Kristen YPK di tanah Papua,” katanya.

Pantauan lansung Papuabaratoke.com, Ibadah tersebut berlansung penuh syadu hingga berakhir dengan pemotongan kue ulang tahun hari jadi Yayasan Pendidikan Kristen ke 56 tahun oleh Kaleb Mofu, S.Pd ketua PSW Pengelola Sekolah Wilayah Kabupaten Manokwari yang di dampingi oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!