Portal Berita Papua Barat

5 Tahun Berlalu, Bagaimana Kabar Proyek Kereta Api Trans Papua ?

0 264

- Advertisement -

Jalur Kereta Api Trans Papua (Foto:Istimewa)
Papuabaratoke.com – Proyek kereta api trans Papua yang dicanangkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 lalu, hingga saat ini tak ada kabar lagi.

Diketahui Pemerintah pusat saat itu telah membuat master plan jalur kereta api trans Papua medio 2015 sepanjang 390 kilo meter untuk jalur Sorong-Manokwari, di tahun yang sama telah dilakukan uji kelayakan, dan tahun 2016 sudah dilakukan Analisis Dampak lingkungan (AMDAL) serta Detail Enginering Design (DED).

Menanggapi hal itu, dilansir dari detikfinance, Direktur Jendral Perkeretaapian Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengatakan, proyek kereta api jalur trans papua tak akan dibangun dalam jangka waktu lima tahun kedepan.

“Nggak ada itu, itu gini, kita punya perencanaan dulu. Jadi studinya juga sudah ada. Kan kita punya Ripnas (Rencana Induk Perkeretaapian Nasional), dalam Ripnas itu (kereta trans papua) untuk horizon 2030. Jadi untuk lima tahun ini belum, itu untuk jangka panjang,” terang Zulfikri di kantornnya, Jakarta, Jumat (2/8/19).

Kereta api trans Papua masih dalam dokumen perencanaan, sehingga belum sampai tahap persiapan dan pembangunan, tandas Zukfikri.

PBOKe17

 

 

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!