Portal Berita Papua Barat

Gerakan Indonesia Membaca, Pemerintah Daerah Diminta Kembangkan Kampung Literasi

0 32
Kantor Kemendikbud (Foto: Istimewa)

Nasional, Papuabaratoke.com – Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Haris Iskandar mendorong pemerintah daerah agar mengembangkan kampung literasi.

Hari ini selasa (7/11/17), Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Haris Iskandar  menghadiri acara Gerakan Indonesia Membaca (GIM) di kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Haris mengatakan “Saat ini program kampung literasi sudah diterapkan di 42 daerah di Indonesia, kedepan ini harus terus dikembangkan untuk mendorong minat baca masyarakat”.

Ia menjelaskan, konsep kampung literasi tumbuh dari masyarakat sebagai subjek dan sekaligus objek dengan mendirikan sarana pendukung pada setiap desa.

“Kami tidak punya konsep khusus terkait program kampung literasi ini, semua itu tumbuh dan berkembang di masyarakat sesuai dengan kreatifitas mereka sementara pemerintah bersifat mendorong saja,” ujarya.

“Kampung literasi juga bagian dari komponen smart city yang sudah mulai banyak diterapkan di beberapa daerah di Indonesia,” katanya.

Di lansir dari Antaranews.com, Ia juga mengatakan, Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang sudah dilaksanakan di berbagai daerah juga bagian dari upaya meningkatkan minat baca dan pengentasan buta aksara terutama masyarakat yang tinggal di daerah terisolasi.

“Program kampung literasi merupakan bagian dari GIM dan kami berharap pemerintah daerah mampu mengaplikasikannya untuk menuju genarasi jaya di masa depan,” tandas Haris. (PBOKe/r)

Sumber : ANT
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!