Portal Berita Papua Barat

Hidup di Bawah Garis Kemiskinan, Ini Sosok Lalu Muhammad Zohri Sprinter Tercepat Dunia

0 216
Lalu Muhammad Zohri Sprinter Tercepat Dunia
Lalu Muhammad Zohri Sprinter Tercepat Dunia – Keterang foto (Kiri) Kondisi rumah atlet atletik nasional Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keterangan Foto (Kanan) Sosok Lalu Muhammad Zohri yang mengekspresikan kebahagiannya karena berhasil meraih medali emas setelah finis terdepan dalam final lari 100 meter putra yang dilangsungkan di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018) waktu setempat. Dengan mencatat rekor terbaiknya, 10,18 detik. (Dok. PB PASI)
Manokwari,Papuabaratoke.comLalu Muhammad Zohri Sprinter Tercepat Dunia.  Sosok Lalu Muhammad Zohri, pemuda Indonesia kelahiran NTB 1 Juli 2000, yang baru saja menjadi manusia tercepat sedunia dan meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik Sprinter pada ajang IAAF World U20 Championship mengalahkan lawan-lawannya dari berbagai negara ini, memang tak banyak yang mengenalnya.

Lalu Muhammad Zohri Sprinter Tercepat Dunia.  Pria 18 tahun ini, mampu mencetak sejarah baru dalam cabang olahraga atletik Indonesia.

Meski lahir dan dibesarkan dari keluarga yang jauh dari kata mampu secara ekonomi, tepatnya di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhammad Zohri, mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia dikancah Dunia.

Yakni berhasil meraih medali emas setelah finis terdepan dalam final lari 100 meter putra yang dilangsungkan di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018) waktu setempat. Dia juga mencatat rekor terbaiknya, dengan waktu 10,18 detik.

Atlet atletik nasional Lalu Muhammad Zohri yang mencatatkan sejarah sebagai juara dunia ini, ternyata masih tinggal di sebuah rumah renta di kampung halamannya, Dusun Karang Pangsor, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Kondisi ini dibenarkan dan diakui oleh Fazila, kakak perempuan dari Lalu Muhammad Zohri, sebagaimana dikutip berita Antara, Kamis (12/7/2018).

“Iya, sampai sekarang kondisi rumah masih sama,” kata kakak Lalu, Fazilah ketika dihubungi Antara di Jakarta, Kamis.

Fazilah mengisahkan, bahwa (Adiknya Lalu Muhammad Zohri, red) Anak bungsu dari pasangan almarhum Lalu Ahmad Yani dan almarhumah Saeriah, memiliki tekat untuk membanggakan dan membahagiakan keluarganya.

“Dia akan memperbaiki rumah orangtua setelah benar-benar sukses,” kata Fazilah.

Lalu Muhammad Zohri Sprinter Tercepat Dunia
Lalu Muhammad Zohri Sprinter Tercepat Dunia – Kondisi dalam rumah atlet atletik nasional Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Dok. PB PASI)

Dan kata Fazilah, Lalu berencana membeli tanah di luar kampungnya di Dusun Karang Pangsor jika sudah mampu. Saudara laki-lakinya tersebut termasuk sosok pribadi yang pendiam tanpa banyak bicara.

“Kami tidak pernah mengetahui masalah pribadi Lalu. Dia tidak ingin menyusahkan kakak-kakaknya atau keluarganya yang lain. Dia akan berusaha sendiri selama dia mampu,” ujar kakak sulung itu.

Prestasi yang diraih Lalu Muhammad Zohri ini, tak terlepas dari didikan dan doa kedua orangtuanya semasa hidup. Dimana sebelum meninggal, ayahnya selalu mendoakan agar putranya sukses mencapai cita-citanya.

Dalam kutipan Berita Antara, Lalu mengalahkan dua atlet Amerika Serikat Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang menempati peringkat dua dan tiga dengan catatan waktu masing-masing 10,22 detik.

Catatan waktu Lalu 10,18 detik itu sekaligus memecahkan rekor nasional junior atas namanya sendiri 10,25 detik. Rekor waktu 10,18 detik itu juga mendekati rekor nasional senior atas nama Suryo Agung Wibowo 10,17 detik.

Sebelumnya, Indonesia hanya mampu mencatatkan prestasi terbaik di nomor lari 100 meter pada kejuaraan yang sama di tahun 1986 dengan mencapai finish ke-8 di babak penyisihan.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com