Portal Berita Papua Barat

Prestasi Olahraga Irian Jaya Dulu Begitu Disegani, Sekarang ?

0 5

Manokwari, Papuabaratoke.com – Sebelum bernama Papua dan Papua Barat, provinsi paling timur Indonesia ini lebih dulu dikenal dengan nama Irian Jaya atau yang lazim disebut Irja.

Sebutan IrJa pun begitu menggema dalam bidang olahraga. Orang juga tak asing mendegar jika ada tim atau klub asal Irian Jaya yang bertanding saat itu. Sayang, kini prestasi olahraga di Papua dan Papua Barat (nama saat ini) tak begitu mentereng. Prestasi olahraga seakan berbanding terbalik saat masih dikenal dengan sebutan Provinsi Irian Jaya.

Simak saja hasil perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) beberapa edisi akhir. Nama Papua, khususnya Papua Barat dalam urutan peringkat tertinggal jauh dibelakang provinsi lain. Selain menjadi perhatian serius, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, berjanji akan ada pembenahan yang lebih baik dalam manajemen olahraga di Papua Barat.

“Dulu yang belum ada dana Otsus dan Otda dan dana lain dari pusat, justru olahraga Papua disegani. Sekarang ?, prestasi olahraga Papua kurang disegani,” ujarnya Senin (3 Juli 2017) di Manokwari. Bukan hal yang wajar jika gelontoran dana yang cukup untuk mendukung kegiatan olahraga, namun tidak diimbangi dengan pencapaian prestasi.

Khusus untuk cabang olahraga sepakbola, ia menyebut bukan kurangnya perhatian dari pemerintah daerah, namun lebih kepada aturan tata kelola keungan dan regulasi dari PSSI. Bukti lainnya, prestasi Perseman Manokwari yang pernah berjaya Tahun 1986 dengan nama tenar pemain seperti Adolof Kabo. Sekarang Perseman justru terjun bebas ke kasta sekelas klub amatir.

Lakotani mengaku ingin membangun kembali kejayaan olahrga Papua seperti sebelumnya. Apalagi, pelaksanaan PON ke-20 akan digelar di Provins Papua.

“Papu Barat juga akan berjuang untuk menjadi tuan rumah bersama Provinsi Papua dalam penyelenggaraan PON,” bebernya sembari mengaku siap membahas bersama Pemprov Papua.

Baca Juga:  Wondama Bangun GOR Tahun 2018

Belum lama ini, Lakotani tak segan mengklaim kinerja buruk pengurus KONI PB. Ada benarnya juga karena tak ada prestasi mentereng meski dilimpahi aggaran yang cukup besar. Baginya, olahraga juga merupakan bagian pembinaan bagi generasi muda sehingga harus dilakukan dengn baik dan benar. Mengembalikan kejayaan olahraga Irian Jaya waktu dulu, kini menjadi target dalam salah satu bidang pembangunan di Papua Barat. (CMT/PBoke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!