Portal Berita Papua Barat

25 Caba Dinyatakan Lulus, 12 Dapat Rekomendasi Catam

0 157
25 Caba Dinyatakan Lulus
Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI Joppie Onesimus Wayangkau

Manokwari, Papuabaratoke.com  Sebanyak 25 Calon Bintara (CABA) Pedalaman Prajurit Karier (PK) TA 2017 Panitia Daerah (Panda) Kodam XVIII Kasuari dinyatakan lulus setelah mengikuti sidang pemilihan atau pantukhir pusat, Rabu (6/9/2017).

Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI Joppie Onesimus Wayangkau mengatakan seleksi CABA Pedalaman diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari sejumlah daerah terpencil di Papua Barat, seperti Arguni, Anggi, dan Raja Ampat.

“Kita sudah seleksi 25 orang ini berdasarkan kesehatan dan kesiapannya. Saya berusaha 25 orang ini sudah ada perwakilan dari masing-masing daerah,” kata Pangdam.
Seleksi Caba Pedalaman merupakan kesempatan khusus yang diberikan oleh pimpinan TNI kepada Kodam di Papua dan Papua Barat. Seleksi ini, juga harus menggugurkan 25 peserta lainnya.

25 Caba Dinyatakan Lulus

Kata Pangdam, diantara calon yang gugur sedikitnya ada 13 perserta yang dianggap tak layak dan tak memenuhi kriteria untuk diterima sebagai prajurit baik Bintara maupun Tamtama.

“Ada yang kita pulangkan karena tidak memenuhi syarat terutama syarat kesehatan, seperti buta warna, ganguan kelainan hati dan jantung. Kita tidak bisa terima karena dalam standar penerimaan tidak diijinkan karena membahayakan yang bersangkutan,” tegas Pangdam.

Adapun 12 peserta lain yang gugur tetapi memenuhi syarat administrasi dan kesehatan. Tetapi, kurang di jasmani dan psikologi. Akan direkomendasikan pada seleksi Tamtama yang akan dilaksanakan Oktober mendatang. “Saya kasih jaminan mereka untuk masuk secatam,” ujar Pangdam lagi.

25 Caba Dinyatakan Lulus

25 Caba Dinyatakan Lulus

Seleksi Bintara yang dilaksanakan dibagi menjadi tiga golongan. Golongan pertama, Bintara Prestasi di bidang akademik dan olah raga. Kedua, Bintara Pedalaman khusus untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Ketiga, Bintara Reguler.

Baca Juga:  Sengketa Hukum Pemilihan Anggota MRPB Diputuskan Tanggal 14 Maret

“Kita sudah kirimkan 24 orang calon bintara prestasi ke Bandung. Kita hanya menghimpun, nanti disana yang menentukan siapa yang lulus,” ungkap Wayangkau.
Sebelum menempuh penddikan di Ifar Gunung, Sentani, Jayapura, Papua. Para caba pendalaman ini akan mengikuti pembinaan khusus di Kodam XVIII Kasuari dalam beberapa bulan kedepan.

25 Caba Dinyatakan Lulus

Pangdam menambahkan, seleksi calon prajurit dilakukan transparan dan tanpa dipungut bayaran. Untuk itu, masyarakat agar tak terkecoh dengan isu-isu yang tidak benar yang menyatakan masuk tentara harus membayar.

“Sebagai panglima kodam, saya berpesan kepada kepala suku dan masyarakat di Papua Barat untuk menyiapkan fisik dan kesehatan anak-anaknya. Tidak usah bikin rekomendasi ke saya. Rekomendasi tidak menentukan kelulusan, karena kesiapan yang akan menentukan kelulusan,” tandasnya. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com