Portal Berita Papua Barat

28 Desember, Mendagri dan Gubernur PB, Jalani Sidang Perdana di PTUN Jayapura

0 12
Foto : Istimewa

Manokwari, Papuabaratoke.com –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, selaku tergugat I dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan tergugat II akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jayapura Papua, 28 Desember mendatang.

“Dimana sebelumnya terjadwal pada 8 Januari 2018, dipercapat oleh pihak pengadilan yaitu tanggal, 28 Desember 2017 mendatang. Itu artinya tergugat I dan tergugat II akan mulai menjalani sidang perdana di PTUN,” kata Yafet Valentinus Wainarisi selaku ketua tim penggugat kepada sejumlah wartawan, Senin (18/12/2017).

“Saya dipercayakan oleh penasehat hukum untuk menyampaikan adanya perubahan sidang perdana gugatan dari PTUN Jayapura, setelah kami menerima salinan surat perubahan dari PTUN Jayapura hari ini,” sambung dia.

Ia mengatakan, untuk materi pokok dalam gugatan tak mengalmi perubahan namun yang berubah hanya jadwal sidang perdana. Untuk melawan mendagri dan gubernur Papua Barat di PTUN Jayapura, pihaknya menggunakan 8 panesehat hukum yang berada di wilayah Jayapura.

Terkait sidang perdana itu, ia berharap para tergugat baik dari mendagri dan gubernur untuk hadir pada sidang perdana. Kata Wainarisi, gugatan yang dilayangkan ke PTUN oleh 10 peserta calon anggota MRPB untuk mencari keadilan atas proses seleksi anggota MRPB, pasca pelantikan yang dilakukan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di Manokwari, 21 November 2017 lalu.

Adapun perubahan jadwal sidang perdana berdasarkan surat resmi dari panitera pengganti PTUN Jayapura berdasarkan penetapan ketua majelis hakim nomor; 40/PEN-PP/2017/PTUN JPR tertanggal 18 Desember 2017 tertanda panitera pengganti Rivo Turangan SH. Dimana sidang perdana untuk melakukan pemeriksaan persiapan.

Untuk diketahui bersama bahwa penggugat melayangkan gugatan kepada tergugat I mendagri tentang SK pelantikan 42 anggota MRPB dan tergugat II gubernur Papua Barat atas dikeluarkannya tiga SK gubernur atas usulan nama-nama anggota MRPB.

Gugatan terhadap tergugat I mendagri dan tergugat II gubernur Papua Barat berdasarkan perkara Nomor; 40/G/2017/PTUN JPR.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Hanas Warpur
Comments
Loading...
error: Content is protected !!