Portal Berita Papua Barat

Alumni PCTA Dibekali Pengetahuan Bela Negara

0 32
Pengetahuan Bela Negara
Pengetahuan Bela Negara – sarasehan pembinaan bela negara yang diukuti para alumni parade cinta tanah air (PCTA).
Manokwari, Papuabaratoke.comPengetahuan Bela Negara. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Senin (30/10/2017), menggelar kegiatan sarasehan pembinaan bela negara yang diukuti para alumni parade cinta tanah air (PCTA).

Perwakilan PPTP Kemenhan RI Papua Barat, Kolonel inf. Paulus Herpomo Triwibowo mengatakan, kegiatan sarasehan ini salah satu upaya untuk membangun semangat bela negara kaum muda.

Kata dia, semangat bela negara ditujukan terutama para siswa dan mahasiswa se-Manokwari, terhadap kebijakan pengelolaan dan penyelenggaraan pertahanan negara berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan pertahanan negara.

“Implementasi UU tersebut dilakukan salah satunya melalui bagaimana pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam bela negara,” tuturnya.

Penyelenggaraan sarasehan ini mengangkat tema tentang “Dengan semangat bela negara generasi muda mampu mengatasi terorisme radikalisme dan pengaruh media sosial serta bahaya narkoba”.

Materi kegiatan sarasehan ini meliputi bahaya narkoba, yang disampaikan perwakilan BNN Papua Barat, Dominggus Waisapy. Sedangkan materi ancaman radikalisme dan terorisme disampaikan oleh AKBP Sudarmanto dari Dit. Intelkam Polda Papua Barat. Adapun materi Pengaruh Media sosial disampaikan oleh AKBP Mathius Paken dari Polda Papua Barat.

Kolonel Paulus berharap kepada generasi muda yang ada di Papua Barat, sudah mengetahui dan memahami ancaman non militer yang telah terjadi di Indonesia maupun di Manokwari, sehingga mereka jugalah yang mengetahui dinamika perkembangan lingkungan strategis serta ancaman yang nyata saat ini.

Dengan demikian, lanjut Paulus, generasi muda harus dipacu untuk membangkitkan pemikiran yang konstruktif dengan ide-ide dan gagasan kebangsaan yang militan negara pada masa yang akan datang.

Baca Juga:  JKN KIS Siap Jamin Kesehatan Mahasiswa/i Unipa

“Memberikan kontribusi yang positif baik bagi diri sendiri, lingkungannya dan tentunya bagi kepentingan bangsa dan negara yang kita cintai bersama ini, dengan cara yaitu menjaga dan melindungi kedaulatan negara keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan bangsa melalui semangat bela negara,” pungkasnya.(ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!