Portal Berita Papua Barat

Asyik…Pemrov Bakal Gelar Pameran Dana Otsus

0 12
Pemrov Bakal Gelar Pameran Dana Otsus
Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat, Musa Kamodi. (Photo: ILO/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comPemrov Bakal Gelar Pameran Dana Otsus.  Guna mendungkung transparansi dan akutanbilitas dalam pengelolaan dana Otonomi khusus (Otsus). Pemerintah Provinsi Papua Barat bakal menggelar pameran dana Otsus. Pameran akan berlangsung 9-12 November mendatang.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat Musa Kamodi, Selasa (26/9/2017) mengatakan, pameran tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Forum Daerah Khusus. Papua Barat menjadi tuan rumah pertemuan forum ini.

“Tim terpadu telah berkordinasi dengan bupati Sorong. Bupati menyambut dengan baik sehingga kabupaten sorong-lah yang akan menjadi tuan rumah. Pameran ini menyangkut data penggunaan dana otsus di tiap OPD, kabupaten dan kota. Dana tersebut diperuntukan untuk apa dan hasilnya seperti apa,” kata Musa.

Kata dia, pameran tersebut bisa dijadikan sumber informasi bagi masyarakat terkait pengelolaan dana Otsus selama ini. Dengan demikian, tidak terkesan bahwa otsus gagal. “Sesungguhnya, kita sudah lakukan tetapi kurang diinformasikan dengan baik sehingga masyarakat bertanya-tanya Otsus itu untuk apa,” ujar Musa.

Sejumlah daerah yang memiliki kekhususan, seperti DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, dan Aceh, dan Papua serta Papua Barat merupakan anggota Forum Daerah Khusus temasuk perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Akan ada 18 stand yang didirikan.

“Lima stand untuk provinsi dan 13 stand untuk kabupaten dan kota. Setiap stand akan menampilkan data dan juga hasil capaian penggunaan dana otsus. Lima stand itu menampilkan informasi menyangkut kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur, dan afirmatif action, ini berdasarkan prioritas di provinsi,” paparnya.

Menurut Musa, masyarakat bisa mengetahui dengan pasti soal penggunaan dana Otsus. Misalnya, di bidang pendidikan terkait bantuan pendidikan luar negeri, juga pembagian bantuan perikanan bagi nelayan.
“Berapa banyak yang dikirim, lokasi pendidikan di mana, fakultas dan jurusan apa dan hasilnya seperti apa ? Pembagian perahu dan motor tempel kepada siapa saja dan di kabupaten mana saja,” ujar Musa lagi. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!