Portal Berita Papua Barat

Beragam Potensi Buah Manggrove Cocok Dikembangkan Untuk UMKM

0 0

Manokwari, Papuabaratoke.com – Belum banyak yang mengetahui jika buah Mangrove (Bakau) merupakan sumber pangan yang ekonomis. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Papua Barat, siap mempromosikan hasil dari buah Mangrove dalam program Kemendag tentang Pengembangan, Pelatihan, Promosi Export Daerah (P3ED) di Sorong Selatan.

“Potensi buah Mangrove sebagai sumber pangan bisa dijadikan bahan makanan bergizi, murah dan mudah mendapatkannya,” ujar Ketua umum IKAPPI Papua Barat, Marlina, kepada PBOke, Kamis (27 Juli 2017).
Menurutnya, buah Mangrove bisa diolah menjadi tepung untuk bahan kerupuk, kue, dodol, sirup dan sabun. Bahan dengan potensi yang tinggi ini juga mudah didapat masyarakat di daerah pesisir.

selain itu juga “Buah mangrove memiliki kandungan Klorofil, Vitamin C HCN dan Glutein. Semua itu penting dalam pengolahan buah mangrove menjadi tepung kue yang berkualitas,” bebernya via ponsel.
Tepung Mangrove sejauh ini dikelola di pulau Jawa sejak 2013. Hal ini sangat baik diterapkan di Papua Barat yang memiliki mangrove cukup melimpah.

Menurutnya, Manggrove juga bisa meningkatkan sisi pendapatan masyarakat dan membuka lapangan kerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kabupaten Sorong Selatan, Raja Ampat, Maybrat dan Teluk Bintuni, merupakan daerah yang memiliki hutan Manggrove. “Untuk pengelolaan Mangrove kita fokus di Kabupaten Sorong Selatan. Kita sudah berkoordinasi dengan bupati dan mendapat respon dengan baik,” ungkap Marlin.(THX/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!