Portal Berita Papua Barat

Dana Otsus Papua Barat ‘Dipangkas’ Senilai Rp15 Miliar

0 43
Dana Otsus Papua Barat ‘Dipangkas’
Dana Otsus Papua Barat ‘Dipangkas’ – Kepala Bidang Anggaran BPKAD Provinsi Papua Barat, Enos Aronggear.(Photo: ARF/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comDana Otsus Papua Barat ‘Dipangkas’. Alokasi dana otonomi khusus (Otsus) Tahun Anggaran 2017 ‘dipangkas’ senilai Rp15 miliar. Pengurangan itu diakibatkan target pendapatan Dana Alokasi Umum (DAU) nasional pada perhitungan awal tidak tercapai.

Kepala Bidang Anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Enos Aronggear, Kamis (5/10/2017) mengatakan setelah penetapan APBN Perubahan 2017, dana Otsus Provinsi Papua Barat berkurang senilai Rp15 miliar.

“Secara ril terjadi pengungaran Rp15 miliar. Setelah penetapan APBN perubahan DAU nasional tidak mencapai target sesuai perhitungan awal sehingga pagu anggarannya menurun maka terjadi penguruangan pada dana otsus yang diterima,” kata Enos.

Enos yang mengaku telah mempresentasekan pengurangan penerimaan dana otsus tersebut dalam rapat koordinasi antara Badan Anggaran DPR Papua Barat (DRPB) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Sesuai ketentuan, alokasi dana otsus diperoleh dari DAU nasional sebesar 2 persen.

“Setelah penetapan APBN P 2017, dana otsus kita berkurang. Tahun ini kita terima dana otsus berkisar Rp2,4 triliun. Pengurangan itu tidak mempengaruhi transfer dana Otsus ke kabupaten dan kota,” ujarnya.
Terpisah Ketua DPR PB Pieters Kondjol mengatakan, alokasi dana otsus dari tahun ke tahun mestinya bertambah.

Dana Otsus Papua Barat ‘Dipangkas’
Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol.(Photo: ARF/PBOKe)

Jika terjadi pengurangan, ia menilai kondisi tersebut perlu disikapi serius oleh pemerintah daerah.
Secara politik dana Otsus itu tidak boleh dikurangi. Dana Otsus diberikan dalam rangka pemberdayaan, perlindungan, dan afirmatif action. Kalau bisa jumlahnya justru di tambah. Seharusnya setiap tahun semakin meningkat,” ujar Kondjol. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!