Portal Berita Papua Barat

Dana Pengampuan FK Unipa Dikembalikan ke Kas Daerah

0 36
Dana Pengampuan FK Unipa
Dana Pengampuan FK Unipa – Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Enos Aronggear. (Photo : ARF/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comDana Pengampuan FK Unipa. Pemerintah Provinsi Papua Barat telah mengalokasikan dana senilai 24 miliar 818 juta rupiah lebih. Dana ini diperuntukan dalam program pengampuan Fakultas Kedokteran Universitas Papua (Unipa) oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Enos Aronggear mengatakan, dana tersebut telah direalisasikan pada 24 Oktober lalu. Meski demikian, dana senilai Rp4 miliar lebih sisa dari program pengampuan FK Unipa harus dikembalikan ke kas daerah.

“Dalam pengusulan ril dari UI dan Unipa, dana yang diajukan sebesar Rp20 miliar 504 juta. Karena tidak direncanakan, dana senilai Rp4 miliar lebih harus dikembalikan ke kas daerah,” kata Enos usai mengikuti rapat paripurna DPR Papua Barat dalam rangka penjelasan Gubernur terhadap nota keuangan APBD perubahan TA 2017, Jumat (27/10/2017).

Diakuinya, pencairan dana tersebut terlambat akibat terdapat ketidaksamaan antara UI dan Unipa dalam perencanaan kebutuhan dana pengampuan. “Dana pengampuan telah dicairkan sebesar Rp20 miliar 540 juta. Itulah dana yang ditransfer untuk kebutuhan perkuliahan selama semester genap, periode Juli-Desember,” ujar Enos.

Menurut Enos, alokasi dana itu untuk membiayai program pengampuan hingga Desember saja. Alokasi dana pengampuan ini bersumber dari dana Otsus provinsi Papua Barat, kabupaten dan kota yang dipotong.
“Dana pengampuan ini dihimpun dari pemotongan dana Otsus dari Kabupaten dan Kota serta Provinsi. Sudah ada kesepakatan para kepala daerah saat rapat kerja lalu terkait pemotongan dana Otsus untuk pembiayaan Fakultas Kedokteran Unipa,” terangnya.

Baca Juga:  Sekda PB : Jangan Hanya Mimpi Jadi Pejabat,  Kinerja ASN Tak Maksimal

Ditambahkan, hingga kini UI dan Unipa belum memasukan proposal yang memuat rician usulan kebutuhan dana pengampuan tahun 2018. Diharapkan, kebutuhan dana pengampuan itu segera diusulkan sehingga kebutuhannya bisa disesuaikan.

“Sampai saat ini, usulan kebutuhan biaya tahun 2018 belum masuk. Sekarang, kita menunggu pengusulan proposal karena setiap pencairan dana harus ada yang bertanggungjawab terhadap penggunaan terhadap dana tersebut. Dengan proposal itu kita akan sediakan dana,” pungkasnya. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!