Portal Berita Papua Barat

Dongkrak PAD, Pengelolaan Pariwisata di Papua Barat Butuh Kekompakan

0 41
Pengelolaan Pariwisata di Papua Barat
Pengelolaan Pariwisata di Papua Barat – Sekertaris Dinas Kebudayan dan Pariwisata Papua Barat, Sergius Rumsayor S.S saat ditemui di sela kegiatan parade budaya nusantara, di lapangan Borasi, Manokwari, Selasa (6/2/2018) kemarin.(Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pengelolaan pariwisata di Papua Barat dibutuhkan kekompakan dan sinergitas. Pasalnya sektor pariwisata merupakan salah satu pendongkrak terbesar sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini diungkapkan Sekertaris Dinas Kebudayan dan Pariwisata Papua Barat, Sergius Rumsayor S.S saat ditemui di sela kegiatan parade budaya nusantara, di lapangan Borasi, Manokwari, Selasa (6/2/2018) kemarin.

Ia mengatakan, sektor Pariwisata bisa maju dan berkembang, jika daerah memiliki komitmen yang dibuktikan adanya sinergitas dan kekompakan antara perangkat daerah yang ada.

“Pariwisata dapat bertumbuh baik dan berkembang, jika dikerjakan sama-sama mulai dari daerah hingga pusat. Dan kita mau bangun pariwisata jika akses sarana dan prasaran, seperti jalan, jembatan tidak mendukung akan susah. Jadi memang harus ada sinergitas mulai dari pusat hingga daerah,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menarik jumlah wisatawan asing di Papua Barat, khususnya di Manokwari, semestinya ada daya tarik seni dan budaya yang ditampilkan. Dan untuk menumbuhkan kembangkan hal ini, tentu perlu diawali dengan menggelar ifen-ifen seni budaya yang berkonteks nasional.

“Kita di Papua Barat harus berani membuat ifen-ifen seni budaya yang besar atau skala nasional. Sehingga kita bisa menjadi daya tarik wisatawan,” pungkas dia.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!