Portal Berita Papua Barat

DPR RI dan DEN Bahas Energi Papua Barat

0 11
DPR RI dan DEN Bahas Energi Papua Barat
DPR RI dan DEN Bahas Energi Papua Barat
Manokwari, Papuabaratoke.comDPR RI dan DEN Bahas Energi Papua Barat. Komisi Tujuh DPR RI bersama Dewan Energi Nasional (DEN), Rabu (27/9/2017) melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Papua Barat dalam rangka sosialisasi pembentukan Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (RUED-P)

Asisten Bidang Administrasi Setda Provinsi Papua Barat, Fransiskus Kosamah mengatakan DPR RI dan DEN mendorong pembentukan RUED-P di Papua Barat. Ia mengatakan, penyusuan rencana energi tersebut harus mengacu pasal 18 ayat (1) UU nomor 30 Tahun 2007 tentang energi serta Kepres nomor 22 Tahun 2017 tentang rencana umum energi nasional (RUEN).

“Aturan ini menjadi pedoman penyusunan RUED-Provinsi. Dengan harapan penyusunan RUED sinkron dengan program-program kebijakan nasional sehingga dapat bekerjasama dengan instansi terkait yang ada di daerah,” katanya.

Kosamah mengungkapkan, sumber energi di Papua Barat cukup banyak meliputi energi mineral, seperti batu bara, minyak bumi, air, sinar matahari dan beberapa sumber lainnya. Dengan terbentuknya RUED, harapannya energi lansung dapat dimanfaatkan dengan tepat sasaran.

“Misalnya, energi matahari atau air dapat dimanfaatkan untuk penerang bagi masyarakat di daerah yang tidak terjangkau listrik,” ujar Kosamah.

Di Indonesia ada 9 provinsi yang belum membentuk dewan energi  daerah. Beberapa diantaranya, Papua, Maluku Utara, Gorontalo termasuk Papua Barat, Papua. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!