Portal Berita Papua Barat

Gandeng Pemkab Toraja Utara, Pemprov PB Asah Teknik Menyusun OPD dan Renstra

0 50

Manokwari, Papuabaratoke.com – Visi dan misi kepala daerah serta rencana strategis organisasi, dinilai penting menentukan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Begitu juga pentingnya pemahaman dan penjabaran guna menyelaraskan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 5 Tahun.

Hal ini disampaikan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jakonias Sawaki, S.H, M.H, Senin (28 Agustus 2017). Saat membuka Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Analisis Organisasi Setda Provinsi Papua Barat Tahun 2017, di Hotel Misiliana, Kabupaten Toraja Utara, ia menjabarkan masyarakat mendambakan pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan yang otonomi dan berpihak kepada rakyat.

Dalam arti, pembangunan saat ini belum menyentuh ke sendi-sendi kehidupan masyarakat, hingga kelas terbawah. Untuk itu, Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan musyawarah pembangunan, menjadi sistem perencanaan pemerintah daerah yang lebih terarah dan terukur.
“Perlu ada pembedahan terhadap tempat berkumpulnya ASN untuk bekerja. Mulai dari aturan manajemen maupun penyusunan kelembagaan perangkat daerah,” ujar Sawaki.

Bupati Kabupaten Toraja Utara, DR. Kalla Tiku Paembonan, M.Si, yang hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi kegiatan Provinsi Papua Barat di Kabupaten Toraja Utara. Ia berharap hubungan baik antara Pemprov Papua Barat dan Pemda Toraja Utara tetap terpelihara baik. Apalagi, saat ini banyak warga Toraja yang diberi kesempatan mengabdi di Papua Barat.

Ketua Panitia, Herman M. Rumbewas, S.Sos, M.Mp, menambahkan, kegiatan ini melibatkan 43 peserta dari Biro Organisasi dan perangkat daerah lingkup Pemprov Papua Barat.
“Peserta 18 orang dari Biro Organisasi dan 26 orang dari perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat,” bebernya.

Dua narasumber yang hadir, lanjutnya, merupakan Guru Besar dari Universitas Negeri Makasar. Keduanya menyampaikan materi Teknik Menyusun OPD yang tepat ukuran, tepat fungsi serta murah, mudah dan cepat melayani publik. Selain itu juga materi Menyusun visi-misi dan Renstra OPD untuk mendukung visi dan misi Gubernur Papua Barat.

Baca Juga:  ‘Papua Juga Punya Pahlawan’ Hiasi HUT RI Di Manokwari

“Diharapkan kegiatan ini menghasilkan visi-misi perangkat daerah 5 tahunan, yang di sesuaikan visi dan misi Gubernur Papua Barat,” kata Herman yang juga sebagai Kepala Bagian Kelembagaan dan Analisis Jabatan pada Biro Organisasi Setda Papua Barat ini.

Dalam waktu dekat, Pemprov Papua Barat akan mengevaluasi perbaikan dalam mendesain struktur organisasi dan tata kerja kelembagaan perangkat daerah.  Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Analisis Organisasi Setda Provinsi Papua Barat Tahun 2017 ini, digelar hingga Kamis (31 Agustus 2017) mendatang. (Humas dan Protokoler PB)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com