Portal Berita Papua Barat

Gubernur Resmikan 30 Unit Rumah Renovasi Milik Warga Arkuki Manokwari

0 88
Gubernur Resmikan 30 Unit Rumah Renovasi
Gubernur Resmikan 30 Unit Rumah Renovasi – Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan saat mengunjungi kompleks Arkuki, Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Selasa (27/3/2018).(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Gubernur Resmikan 30 Unit Rumah Renovasi.  Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan meresmikan 30 unit rumah yang telah direnovasi oleh Dinas Sosial Provinsi Papua Barat. Dimana rumah hunian milik warga itu setelah diresmikan dan diserahkan kepada pemiliknya.

Pantauan Papuabaratoke.com, Selasa (27/3/2018), penyerahan ini dilakukan secara simbolis melalui pengguntingan pita yang dilakukan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Barat Lazarus Indouw, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Marthen Luther Tironi dan beberapa pejabat lainnya bertempat di Dikompleks Arkuki, Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Dominggus Mandacan mengatakan, program kerja renovasi perumahan layak huni bagi masyarakat merupakan prioritas kerja yang diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat secara berkelanjutan.

“Melalui kegiatan renovasi rumah bagi daerah kumuh perkotaan ini, kami mengajak pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendukung dan memfasilitasi program kegiatan renovasi rumah atau penataan pemukiman kumuh sebagai bagian dari kebijakan strategis pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan,” pesan Dominggus.

Kata Dominggus, pemerintah kabupaten, kota dan pemerintah Provinsi Papua Barat untuk menjadikan kegiatan renovasi rumah warga di daerah perkotaan sebagai pilot projek kegiatan penataan pemukiman kumuh di daerah yang lebih baik.

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan menyerahkan secara simbolis 30 Unit Rumah Renovasi melalui pengguntingan pita didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Barat Lazarus Indouw, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Marthen Luther Tironi dan beberapa pejabat lainnya bertempat di Dikompleks Arkuki, Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Selasa (27/3/2018).(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

 

Sebab menurut Dominggus, pada tahun 2018 ini ditargetkan 4000 rumah dapat direnovasi secara bertahap dan berkelanjutan.

Kadis Sosial Provinsi Papua Barat Lazarus Indouw, juga mengatakan, dari jumlah 30 unit rumah yang di renovasi di Manokwari Ibu Kota Provinsi Papua Barat tersebar di beberapa lokasi, yakni pesisir Manokwari yang memang menjadi target pembenahan wilayah tata letak kota dan rumah kumuh.

“Jadi kegiatan ini mengacu pada ketentuan dan prosedur pemberdayaan masyarakat untuk dapat hidup secara layak. Namun lebih dari itu masyarakat juga di himbau untuk tertib beradministrasi saat di survei, “pesan Lazarus.

Lanjutnya, beberapa persyaratan admimistrasi yang disiapkan oleh penerima bantuan, yaitu penerima bantuan program bedah rumah, maka warga tentunya memiliki sertifikat tanah atau surat Hak milik atau pelepasan tanah. Kedua adalah para penerima rumah renovasi harus melengkapi surat keterangan domisili dari RT atau kelurahan setempat di Manokwari, dan surat keterangan tidak mampu dari RT dan diketahui oleh pejabat yang berwenang.

Jelasnya lagi, pada tahun 2018 dibangun sebanyak 30 unit dengan lokasi penyebaran rumah di distrik Manokwari Barat terbagi dalam beberapa lokasi, yakni kompleks Mas Keri, Borobudur, Fanindi Pantai, Angkasa Mulyono, Anggrem, Sowi Pantai dan Arkuki Sanggeng yang menjadi tempat penyerahan secara simbolis.

“Jadi anggaran untuk renovasi satu unit rumah adalah sebesar Rp. 150 juta dengan total anggaran sebesar Rp. 4,5 Miliar yang dibiayai oleh dana dari APBD Provinsi Papua Barat tahun 2017 melalui DPA Dinas Sosial Provinsi Papua Barat,”tambah Lazarus Indouw.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Hanas Warpur
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!