Portal Berita Papua Barat

Hari Besar Keagamaan Picu Tingkat Konsumsi Masyarakat

0 46

Manokwari, Papuabaratoke.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat, mencatat indeks Tendensi Konsumen (ITK) Triwulan II 2017 sebesar 106,35.  Kepala BPS Provinsi Papua Barat, Sri Endang Retno Subiyandani, mengatakan ini menjadi gambaran kondisi ekonomi konsumen yang meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

 

Meningkatnya tingkat optimisme konsumen terutama didorong oleh komponen tingkat konsumsi makanan.
“Momen Bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Paskah pada triwulan II 2017 mempengaruhi kenaikan tingkat konsumsi makanan,” ujarnya, Rabu (9 Agustus 2017).

Selain itu, libur kenaikan kelas sekolah diduga memiliki andil dalam mendongkrak tingkat konsumsi masyarakat pada triwulan ini. “Beberapa komoditi yang banyak dikonsumsi pada triwulan ini secara berturut-turut diantaranya pendidikan, pulsa, pakaian, transportasi, bahan makanan dan perawatan kesehatan serta kecantikan,” bebernya.

Dikatakan Sri, di Papua Barat pelaksanaan survei tendensi kondumen dilakukan di tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Fakfak, Manokwari dan Kota Sorong, dengan jumlah sampel 160 rumah tangga.
Para responden dipilih pada strata blok sensus kategori sedang dan tinggi berdasarkan index dan merupakan subsampel dan survei sosial ekonomi nasional khusu daerah perkotaan pemilihan. Sampel dilakukan secara panel antar triwulan untuk memilih gambaran yang lebih akurat. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com