Portal Berita Papua Barat

Hari Pers Nasional 2018 Diharap Perkuat Peran Pers di Papua Barat

0 36
Hari Pers Nasional 2018
Hari Pers Nasional 2018 – Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Roby Melianus Nauw. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Hari Pers Nasional 2018.  Momentum Hari Pers Nasional (HPN) diharap memberikan kontribusi besar bagi keberadaan pers dan media massa di bangsa ini dan khususnya di Provinsi Papua Barat.

Demikian Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Roby Melianus Nauw. Politikus kawakan asal demokrat ini menyampaikan harapan itu menyikapi perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari, yang dipusatkan di Pandang, Provinsi Sumatera Barat.

“Keberadaan pers dan media massa di Provinsi Papua Barat sangat dibutuhkan. Peran pers sangat penting dalam pembangunan, juga sebagai penyambung lidah masyarakat,” kata Roby, Kamis (8/2/2018).
Roby menekankan, sebagai pilar ke empat demokrasi di Negara ini, pers dan media massa sangat memberikan pengaruh dalam pembangunan. Selain bisa menggiring opini publik, juga bisa menjadi ‘alat’ yang berguna untuk memajukan suatu daerah, bahkan Negara.

“Pers adalah mitra semua institusi baik pemerintah, TNI, Polri, DPR, dan institusi swasta. Jangan dipandang sebagai musuh. Kita tidak boleh memandang sebelah mata, kehadiran mereka untuk mendamaikan suasana, memberitakan suatu perkembangan, termasuk penyambung lidah masyarakat,” ujar Robby.

Dengan demikian, tidak lupa Roby mengingatkan, dengan kebabasan yang dilindungi oleh Undang Undang, tidak membuat pers dan media massa lepas kontrol alias kebablasan dalam menyajikan berita. Pemberintaan yang ada harus obejktif dan mendidik sesuai kaidah jurnalisme.

“Kita harus memberikan arahan dan dukungan penuh kepada pers dan media massa. Mereka hadir memberitakan perkembangan pembangunan, kemajuan teknologi, informasi tentang dunia dan lainnya,” tandasnya.

Selaku legislator yang aktif di DPR Papua Barat (DPRPB), Roby mengakui peran pers dan media massa di daerah ini telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pembangunan.

Baca Juga:  Data Akurat Ikut Tentukan Indeks Demokrasi Di Papua Barat

“Penyelenggara pemerintahan jangan merasa telinga pedis kalau dikritik. Kritikan itu memotivasi untuk berbuat yang terbaik. Kehadiran pers dan media massa juga akan menguatkan fungsi kontrol dalam penyelengaraan pemerintahan di daerah ini,” pungkas Roby.

Penulis : Hanas Warpur
Comments
Loading...
error: Content is protected !!