Portal Berita Papua Barat

Hasil Seleksi Calon Anggota MPR PB Dinilai Tak Transparan

0 45


Manokwari, Papuabaratoke.com – Ketua Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik Papua Barat, Jefferson Thomas Baru, angkat suara terkait hasil seleksi 84 nama calon anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP PB).
Ia menilai ada ketidakberesan sederet daftar nama yang saat ini sudah dipegang Gubernur Papua Barat, Drs. Doinggus Mandacan.

“Semua harus transparan, termasuk bobot kemampuan masing-masing calon yang tertuang dalam sebuah raport. Itu harus dipublish, baik di media cetak dan elektronik sehingga semua orang lihat dan menilai,” ujarnya kepada PBOke, Kamis (25 Agustus 2017) di Manokwari.

Menurutnya, akan muncul kecurigaan dari peserta yang tak lolos tes, jika hanya nama dan perwakilan unsur yang diberikan kepada Gubernur.

“Ini akan tidak sehat dan menimbulkan perdebatan jika Pansel tak transparan,” terangnya saat dihubungi via ponsel.
Selain itu, Gubernur Papua Barat diminta menentukan 42 nama yang kelak menjadi anggota MRP PB, dilakukan berdasarkan kemampuan yang teruji. Hal ini dilakukan berdasarkan nilai dan kemampuan lain yang selama ini menjadi standart seleksi Pansel.

“Dan, tidak boleh adanya intervensi atau titip-menitip dari pihak manapun, baik tokoh adat, tokoh agama atau siapapun, demi menghasilkan 42 anggota MRP PB yang berkualitas,” bebernya.
Belum lama ini, Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan, mengungkap penetapan 42 nama anggota MRP PB akan dilakukan dalam waktu dekat.

Diakui, kinerja Pansel sudah maksimal sehingga diharapkan tak ada lagi protes berlebihan terhadap hasil seleksi.
“Ketika ditetapkan, jangan ada lagi yang protes. Ingat, tugas kita sama-sama masih banyak kedepan. Kita harus melangkah maju dengan satu kepastian,” kata Dominggus. (ARN/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com