Portal Berita Papua Barat

Jelang Pameran Dana Otsus, OPD Diminta ‘Percantik’ Data

0 14
Jelang Pameran Dana Otsus
Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat, Musa Kamodi. (Photo: ILO/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comJelang Pameran Dana Otsus.  Data dan informasi yang jelas dan bertanggungjawab serta mudah diakses oleh masyarakat menjadi indikator pengelolaan dan penggunaan dana Otonomi khusus di Papua Barat.

Asisten Bidang Pemerintahana Setda Provinsi Papua Barat Musa Kamodi, Selasa (26/9/2017) mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib mempersiapkan dana dan informasi tentang penggelolaan dana Otsus.

“Kita tidak main-main, sebagai wujud keterbukaan informasi dan transparansi. Alokasi dana Otsus yang dikucurkan sudah sampai dimana dan digunakan untuk orang asli Papua di Papua Barat?,” ujar Musa saat memimpin rapat terbatas bersama pimpinan OPD.

Jelang Pameran Dana Otsus
Jelang Pameran Dana Otsus, OPD Diminta ‘Percantik’ Data

Kata dia, setiap OPD mempersiapkan data dan hal-hal yang berkaitan agar dapat ditampilkan pada saat pameran sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Bila perlu, data berupa dokumentasi (foto) kegiatan pembangunan juga harus ditampilkan.

“Yang jelas data dan informasi tersebut akan ditampilkan saat pameran kegiatan Forum Daerah Khusus di Aimas, Kabupaten Sorong. Kalo uang mau tetapi pertanggungjawaban tidak bisa? Bagaimana,” ujar Musa lagi.

Pemerintah Provinsi Papua Barat didaulat sebagai tuan rumah Forum Daerah Khusus. Kabupaten Sorong dipilih sebagai tempat pelaksanaan pertemuan serta pameran. Kegiatan ini akan berlangsung tanggal 9-12 November kedepan.

Jelang Pameran Dana Otsus
Jelang Pameran Dana Otsus

Guna mengoptimalkan pengelolaan dana Otsus. Pemerintah Provinsi Papua Barat telah membentuk kelembagaan yang khusus berbentuk biro yang memiliki tupoksi mengelola dana Otsus.

“Sejauh ini kita masih pergunakan Pergub (peraturan gubernur). Akan ada bentuk aturan resmi yang bisa menjadi rujukan sehingga alokasi dana Otsus tepat sasaran dan harus diarahkan untuk orang asli Papua. Kita bicara soal dana Otsus, ini kekhususan,” pungkasnya. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!