Portal Berita Papua Barat

Kadis LHP Minta Pemda Raja Ampat Konsisten Ciptakan Lingkungan Berbasis Pariwisata

0 143
Ciptakan Lingkungan Berbasis Pariwisata
Ciptakan Lingkungan Berbasis Pariwisata – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Provinsi Papua Barat Rudolf Rumbino. (Foto: Hanas Warpur/PBOKe)
Raja Ampat, Papuabaratoke.com – Ciptakan Lingkungan Berbasis Pariwisata.  Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Provinsi Papua Barat Rudolf Rumbino meminta, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Raja Ampat konsisten menciptakan dan menjaga lingkungan berbasis pariwisata.

“Raja Ampat dikenal memiliki pesona alam yang terkenal mendunia dengan kekayaan bawa laut dan kepulauannya. Ini harus terus diciptakan dan dipertahankan oleh pemda setempat,” kata Rudof kepada papuabaratoke saat menghadiri raker bupati/walikota se Papua Barat, di Waisai, Raja Ampat.

Menurut Rudolf, menjaga lingkungan bukan saja di pesisir dan seisi alam di dalam bawa laut. Namun kata dia, perlu diingat pula bahwa lingkungan di darat sangat penting untuk diperhatikan, dengan mengutamakan bagaimana menciptakan lingkungan bersih yang berbasis Pariwisata.

“Kita harus akui bahwa Raja Ampat sudah terkenal bukan saja lokal Papua Barat, melainkan nasional dan Internasional. Terutama keindahan bawa laut dan pulau yang begitu indah menarik wisatawan datang menikmatinya,” ujarnya.

“Dan lingkungan di darat merupakan perlu dijaga semua pihak. Sebab jika laut indah, maka di darat juga harus indah” kata dia.

Dia berpendapat bahwa kebersihan linkungan sangat penting baik di dalam kota, lingkungan masyarakat, dan lingkungan kerja pemda setempat. Salah satu contoh disebutkan, lingkungan di sekitaran gedung pari milik pemda terlihat kurang bersih, bahkan terkesan hanya dibersihkan saat akan digunakan untuk raker pemda yang digelar Selasa kemarin.

Baca Juga:  Di Raker Bupati-Walikota, Gubernur Dominggus Kembali Ingatkan Budaya Jujur dan Bersih

Padahal lajut dia, gedung pari merupakan aset pemda yang sangat unik dan harusnya menjadi objek wisata.

“Raja Ampat terkenal karena pariwisata baharinya, maka setiap objek wisata bukan saja ada di laut, tetapi gedung pemerintah dan objek wisata lainnya juga bisa menarik para wisatawan,” ungkap Rumbino.

Lanjut Rumbino, lingkungan sangat penting untuk diperhatikan, sebab ketika wisatawan datang ke Raja Ampat dan melihat sampah dan kerusakan hutan, maka sangat merugikan pemda. Oleh karena itu, pemda diminta lebih perketat menjaga hutan dan lingkungan yang bersih.

Terutama di dalam kota, pemda melalui instansi terkait diminta menyiapkan bak sampah yang ditaruh pada tempat dan menghindari adanya tumpukan sampah di sembarangan tempat. Bahkan kalau boleh tempat pembuangan akhir atau TPA harus terhindar dari kerusakan hutan dan jangan sampai mencemarkan lingkungan yang akan berdampak kepada wisatawan yang datang ke Raja Ampat.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!