Portal Berita Papua Barat

Kementan RI Dukung Pengembangan Komoditi Sayuran Di Pegaf

0 4

Manokwari, Papuabaratoke.com – Pemprov Papua Barat kini tengah mendata Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) seluruh Kabupaten/Kota. Pendataan ini akan diteruskan ke pusat terkait rencana bantuan dari Kementrian Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Barat, Jacob Selvianus Fonataba, SP, M.Si, mengatakan Kementrian terkait juga sedang membentuk tim untuk melakukan pendataan.

“Tim ini untuk mengecek data awal, setelah bantuan turun akan ada pengecekan, evaluasi dan monitoring komoditas untuk pengembangan pertanian di Papua Barat,” ujar Kadis Pertanian PB kepada Papuabaratoke.com, Selasa (4 Juli 2017) di ruang kerjanya.

Khusus untuk hasil pertanian di Pegunungan Arfak, Jacob mengakui ada rencana sebagai Daerah sentra pengembangan komoditas sayur untuk dataran tinggi. Hal ini pun didukung penuh Gubernur Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani.

“Jumlah permintaan pasar terhadap komoditas sayuran dataran tinggi di Papua Barat cukip tinggi. Gubernur berharap kami (Dinas Pertanian) bekerja keras membangun potensi ini,” terangnya.

Belum lama ini Pemprov Papua Barat sudah menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Dimana pengembangan sentra pertanian Pegaf masuk didalamnya.

Belum lama ini Kementrian Pertanian RI berkunjung ke Sorong, dalam kunjungan itu, Menteri Pertanian mendengar langsung pemaparan Gubernur PB, terkait fokus kegiatan pertanian. Termasuk rencana pengembangan berbagai komoditi sayuran Pegunungan Arfak, seperti wortel, kentang, boncis (kacang panjang), daun bawang, bawang, buah strobery dan jagung.(ILO/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!