Portal Berita Papua Barat

Ketua MRPB : Parpol Harus Utamakan Caleg OAP

0 657
Parpol Harus Utamakan Caleg OAP
Parpol Harus Utamakan Caleg OAP – Ketua MRPB Maxsi Nelson Ahoren.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Parpol Harus Utamakan Caleg OAP.  Ketua MRPB Maxsi Nelson Ahoren, meminta partai politik (Porpol) mengutamakan keterwakilan calon legislatif (Caleg) orang asli papua (OAP) di Pemilu 2019.

“Jangan sampai seperti yang sudah-sudah. Kami komitmenkan suara figur OAP 80% dalam pencalonan anggota DPR, DPRD di Pemilu 2019,” Maxsi saat berkunjung di Kantor LP3BH Manokwari, Selasa (27/2/2018).

Ia berharap parpol tak lagi kecolongan dalam pencalegkan. Dimana harus memastikan betul seseorang yang menjadi caleg ini tak tersandung atau pun terlibat permasalahan hukum.

Menurutnya, hal ini adalah tanggungjawab parpol untuk menyeleksi kandidat yang akan dicalonkan. Maxsi juga mengingatkan kepada pimpinan parpol yang merupakan pintu masuk bagi calon untuk maju sebagai anggota DPR, DPRD, sangat penting mengutamakan segala bentuk aspirasi masyarakat lokal Papua.

“Pengambilan keputusan dalam penetapan, saya minta parpol terbuka serta melibatkan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menanyakan profil atau rekam jejak calon,” ucap dia.

Tak hanya itu, ia menegaskan, terkait hal ini, MRPB akan melakukan pendekatan dengan pengurus dan pimpinan parpol, l baik di tingkat wilayah maupun pusat.

Dimana ini harus ada kebijakan dari setiap didedominasi oleh parpol khususnya untuk memberikan kuota dan peluang bagi anak-anak papua sebesar 80%.

“Sehingga anak-anak OAP harus diprioritaskan dan dibina menjadi kader-kader politik untuk membangun daerahnya. Jadi kami harap parpol membuka ruang, membuat ruang agar partisipasi masyarakat dalam pencalonan itu dilakukan dan terbuka,” cetusnya.

Sehingga, di Pemilu 2019, MRPB akan perjuangkan anak-anak negeri itu sendiri. Dan berharap agar semua pihak mendukung suara keterwakilan dan HAK orang papua untuk berpolitik.

“Jadi intinya OAP harus memiliki 80% hak dalam setiap parpol,” pungkasnya.

Baca Juga:  Uji Publik Bacaleg Partai Perindo Dimulai, Marinus Harap Muncul Caleg Sesuai Keinginan Rakyat
Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com