Portal Berita Papua Barat

Kodam XVIII Kasuari Siap Tindak Tegas Penambang Wariori (Lagi)

0 36

Manokwari, Papuabaratoke.com – Kodam XVIII Kasuari akan mengambil sikap tegas untuk menertibkan penambang liar yang masih beraksi di Kali Wariori.

Hal ini dikatakan Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Joppie Onesimus Wayangkau, melalui Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII Kasuari Kolonel Arh. Eddy Widiyanto,SIP kepada wartawan, Jumat (29 Juli 2017) di Manokwari.

Dibenarkan Eddy, informasi tentang aktivitas penambang gelap sudah diterima atas laporan masyarakat sekitar ke Pos TNI terdekat.

“Anggota kami yang melakukan pengamanan di sekitar lokasi, beberapa kali menerima laporan warga,” ujarnya.Saat ini tengah dilakukan upaya pendekatan secara persuasif sebagai bentuk teguran kekeluargaan. Namun langkah tegas siap ditempuh Kodam Kasuari jika penambang masih berktivitas.

“Ini sesuai perintah Panglima TNI sebagai upaya penyelamatan lingkungan dan ekosistem dari zat kimia berbahaya seperti Mercury. Ini harus ditindak tegas, karena dampaknya sangat buruk bagi masa depan,” bebernya.Edy mengaku pihaknya tetap berkoordnasi dengan Polda Papua Barat. Kedepan, akan ada langkah bersama untuk menertibkan para penambang gelap.

“Berdasarkan data laporan yang kami terima, para penambang gela ini mencapai ratusan orang. Mereka mulai masuk ke lokasi sejak tanggal 1 sampai 3 Juli lalu,” ungkapnya.

“Para penambang ini baru keluar minggu terkhir untuk menjual hasil tambang,” ungkapnya sembari mengaku rata-rata penambang berasal dari luar Manokwari. Informasi lain yang diperoleh menyebutkan mereka (penambang) diduga diakomodir oleh oknum tertentu. (ARN/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com