Portal Berita Papua Barat

Legislator DPR PB Tampung Aspirasi Penyediaan Perumahan

0 61
Aspirasi Penyediaan Perumahan
Aspirasi Penyediaan Perumahan – Anggota DPR Papua Barat, Bram Goram Gaman. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Aspirasi Penyediaan Perumahan.  Aspirasi soal desakan penyediaan rumah layak huni bagi orang (asli) Papua di kabupaten/kota di Papua Barat masih cukup tinggi.

Aspirasi tersebut terus disuarakan dalam kesempatan saat para wakil rakyat di DPR Papua Barat (DPR PB) melakukan agenda kedewanan, seperti reses, penjaringan aspirasi masyarakat, dan penjaringan isu-isu aktual.

Sejumlah legislator dewan, masing-masing Bram Goram Gaman, Yonadap Trogea, dan Yurthinus Mandacan ditemui secara terpisah mengakui, jika aspirasi masyarakat di daerah soal perumahan layak huni selalu mengisi laporan kegiatan kedewanan.

“Di Kampung Beo, Kabupaten Raja Ampat masyarakat minta agar ada program pematangan untuk pembangunan rumah. Kalau air pasang, air masuk ke rumah-rumah warga,” kata Bram.

Kata dia, pola rumah sehat yang menjadi temat hunian masih minim. Dikatakan, kondisi ini terjadi di sejumlah kabupaten/kota. Tuntutan aspirasi itu belum bisa dijawab maksimal karena keterbatasan alokasi anggaran.

“Masyarakat di Kampung Warsamdim, Distrik Tiplol Mayalibit minta ada pembangunan rumah layak huni. Kondisi ibu kota distrik ini sangat memprihatinkan,” ujar dia seraya mengatakan aspirasi akan dimuat dalam laporan supaya bisa dimasukan dalam program tahun 2019.

Aspirasi soal desakan penyediaan rumah layak huni juga disuarakan masyarakat di Kabupaten Sorong Selatan. Di daerah ini, pembangunan rumah layak huni dibiayai dengan dana respek.

Aspirasi Penyediaan Perumahan
Aspirasi Penyediaan Perumahan – Anggota DPR Papua Barat, Yonadap Trogea. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)

Yonadap Trogea mengatakan, total alokasi dana respek yang dipakai untuk membiayai pembangunan rumah layak huni sangat terbatas. Sehingga, sedikit sekali yang bisa merasakan manfaat tersebut.

“Rumah layak huni masih menjadi salah satu persoalan yang sering disuarakan oleh masyarakat di daerah. Alokasi dana otsus harusnya bisa menjawab kebutuhan ini,” ujar Trogea.

Aspirasi Penyediaan Perumahan
Aspirasi Penyediaan Perumahan – Anggota DPR Papua Barat, Yurthinus Mandacan. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)

Senada dengan dua koleganya, Yurtinus Mandacan mengutarakan hal serupa. Ia mengaku, masyarakat di Kabupaten Pegunungan Arfak juga menyuarakan aspirasi soal penyediaan rumah layak huni.

Baca Juga:  Robert Manibuy: Bencana Lingkungan di Teluk Bintuni Wujud Lemahnya Pengawasan

“Selain infrastruktur jalan, masyarakat juga minta dengan penuh harap supaya pemerintah bisa bantu bangun rumah layak huni,” ucap Yurthinus.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!