Portal Berita Papua Barat

Mantan Kadis Kesehatan Mansel Bangga Puskemas Isim Terakreditasi

0 138
Puskemas Isim Terakreditasi
Puskemas Isim Terakreditasi – Mantan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Iwan Butar-Butar. (Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Puskemas Isim Terakreditasi.  Mantan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Iwan Butar-Butar mengaku bangga dengan peningkatan status Puskesmas Isim dan Puskesmas Momi Waren.

Yakni pada tahun 2017 lalu kedua Puskemas di Kabupaten Mansel tersebut terakreditasi dan terdaftar langsung di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2018. Padahal gedung fisik bangunan itu dilihat masih jelek.

Selain dua Puskemas itu, juga terdapat 8 Puskemas lainnya di wilayah Papua Barat yang terakreditasi dan akreditasi madya. Delapan Puskemas yang terakreditasi, yakni Puskemas Aranday dan Kalitami di kabupaten Teluk Bintuni.

Puskemas Mowbja dan Puskemas Wosi di kabupaten Manokwari. Puskemas Aisandami di kabupaten Teluk Wondama. Puskemss Ayamaru Timur di Kabupaten Maybrat. Puskemas Kwoor di Kabupaten Tambrauw, dan Puskemas Waisai di Kabupaten Raja Ampat.

Sementara Puskemas terakreditasi Madya hanya ada tiga, di antaranya, Puskemas Masni, Puskemas Warmare di kabupaten Manokwari, dan Puskemas Windesi di kabupaten Teluk Wondama.

“Data ini dikeluarkan berdasarkan sistem Continuous Quality Improvement (CQI) melalui Siklus PDCA tahun 2018,” kata Iwan Butar-Butar kepada Papuabaratoke, Sabtu (7/4/2018).

Dia menyatakan bahwa pada waktu masih dipercayakan sebagai Kadis kesehatan di Mansel, ia melaporkan perkembangan sistem pelayanan kesehatan di tingkat Puskemas di Mansel yang sangat luar biasa.

Untuk itu, satu kebanggaan tersendiri karena Puskemas Isim yang tadinya jauh dari harapan telah keluar untuk terakreditasi.

“Kebanggaan tersendiri terhadap Puskesmas Isim Kabupaten Mansel, karena lolos terakreditasi. Padahal Puskesmas Isim itu hanya memiliki 8 orang pegawai,” kata Butar-butar.

Dirinnya menjelaskan bahwa satu kebanggaan karena Mansel dikategorikan sebagai daerah baru, tetapi sudah ada 4 Puskemas terakreditasi, maka tentu saja hal ini menggembirakan.

Baca Juga:  Kapolda, Rodja : Media Bukan Saja Mitra, Tapi Sahabat

Sementara kabupaten Pegaf belum ada satupun Puskemas yang terakreditasi, kalau di Maybrat baru satu Puskemas.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!