Portal Berita Papua Barat

Mervin Komber Ingatkan Dana Desa Harus Didampingi

2
Dana Desa Harus Didampingi
Dana Desa Harus Didampingi – Foto Ist. Mervin Komber disambut dalam suatu kegiatan
Manokwari, Papuabaratoke.comDana Desa Harus Didampingi. Guna menghindari penyalahgunaan Dana Desa (Dandes) ataupun kesalahan dalam pengelolaan dandes, Pemda diminta terus memberikan pendampingan pada aparatur kampung.

Anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat Mervin.S. Komber, mengatakan dengan supervisi yang diberikan secara berkelanjutan maka pengelolaan dana desa akan lebih baik lagi.

“Dana Desa baik pelaksanaannya atau pun yang sudah berjalan. Perlu juga pembagian dalam program, mana yang dikerjakan Pemda dari APBD mana yang menggunakan Dana Desa.

Mervin mencotohkan program umum butuh anggaran besar itu APBD, Dana Desa menyesuaikan diluar program itu, agar pemanfaatannya bisa maksimal. Saya yakin jika terkelola dengan baik bisa meningkatkan perekonomian di kampung itu juga,” ujar Mervin via ¬†telepon kepada Papua Barat Oke dot com.

Yang terpenting kata pria kelahiran Fak-fak 20 Juli 1980 ini, jangan sampai dengan adanya Dana Desa malah menyeret aparatur kampung pke rana hukum.

“Secara berkala pendampingan bisa diberikan per semester sehingga adanya penyegaran bagi aparatur kampung. Jadi harus ada tim pendamping yang menetap di distrik atau kabupaten. Apalagi kondisi kampung-kampung di Papua Barat yang tersebar luas bahkan sulit terjangkau,”tambah dia.

Sasaran utama dandes seharusnya adalah mampu melibatkan seluruh komponen di kampung itu sehingga diberdayakan. Dengan itu maka menjadi program fisik maupun pemberdayaan. Dandes yang sudah memasuki tahun kedua ini tentu terus di evaluasi agar tujuan awal dari program itu bisa terlaksana.(*1/Pboke)

Comments
error: Content is protected !!