Portal Berita Papua Barat

MRPB Didesak Segera Data OAP di Papua Barat

0 143
OAP di Papua Barat
OAP di Papua Barat – Gustavo R. Wanma, salah satu tokoh pemuda Saireri. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – OAP di Papua Barat.  Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) didesak segera melakukan pendataan jumlah penduduk Orang Asli Papua (OAP) di Tanah Adat Domberai dan Bomberai, Papua Barat.

“Harapan saya kepada MRPB, khusus pada kelompok kerja (Pokja) adat, harus mendata kembali marga kereth, bahasa dan jumlah suku di tanah adat Domberai dan Bomberai, “Ujar salah satu tokoh pemuda Saireri, Gustavo R. Wanma, kepada Papuabaratoke.com, usai menemui Ketua MRPB, Selasa (6/3/2018).

Wader mengatakan, hal ini penting segera dilakukan, mengingat seberapa besar jumlah suku dan kereth (Marga, red) yang masih ada dan mendiami setiap tanah hak ulayatnya.

Hasil dari pendataan ini kata dia sekiranya dapat digunakan acuan dari lembaga pemerintah daerah dan lembaga legislatif dalam hal ini melalui fraksi Otsus DPR – Papua Barat untuk mampu memaksimalkan penganggaran dana otsus yang tak lama lagi berakhir.

“Jadi kalau mau otsus di sisa masa waktunya ini, masih dirasakan, tolong kelompok Pokja Adat kerja maksimal. Dimulai dengan mendata jumlah penduduk Asli Papua. Yakni dari tanah adat Domberai dan Bomberai, atau setiap daerah dalam lingkup tata pemerintahan Provinsi Papua Barat,” ucap Gustavo R. Wanma yang kesehariannya berprofesi sebagai Jurnalist mengekspos pemberitaan hukum dan politik di Manokwari.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!