Portal Berita Papua Barat

Musim Penghujan Memicu Potensi Bencana Tinggi di Wilayah Manokwari dan Sekitarnya

0 64
Potensi Bencana Tinggi
Potensi Bencana Tinggi – Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Potensi Bencana Tinggi.  Masyarakat di Kabupaten Manokwari dan sekitarnya, meliputi Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak serta Kabupaten Teluk Bintuni perlu meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir menyampaikan hal tersebut. Kewaspadaan itu terutama dalam kondisi cuaca di musim penghujan ini.

“Kita harus waspada, karena kita punya tradisi ancaman bencana hidro meteorologi itu sampai Februari. Biasanya ada hujan dan banjir juga longsor. Kita harus tetap waspada,” kata Derek, Rabu (23/1/2018).

Kata Derek, ancaman bencana banjir dan longsor di sejumlah daerah tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba. Ia mengatakan, kondisi cuaca dengan hujan deras di daerah ini seharusnya terjadi pada Desember – namun telah bergeser hingga ke Januari. Bahkan bisa sampai Februari.

“Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, lereng-lereng perbukitan tetap waspada, karena bencana banjir dan longsor di wilayah Papua Barat potensinya tinggi,” ujarnya.

Dijelaskan, daerah-daerah yang rawan terpapar bencana banjir dan longsor adalah, Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama. Kemudian, Kabupaten Sorong, Tambrauw dan Kota Sorong.

“Kita di Manokwari ini tinggi resiko bencana terutama bencana longsor. Masyarakat harus lebih mawas diri. Perlu juga untuk kesadaran masyarakat melakukan mitigasi mandiri, kalau lihat selokan tersumbat segera dibersihkan. Tidak membuang sampah di selokan,” ucapnya berpesan.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com