Portal Berita Papua Barat

Nasib Parpol Jadi Peserta Pemilu 2019 Ditentukan Hari ini

0 81
Verifikasi Faktual Parpol
Peserta Pemilu 2019 – Kegiatan Rapat Koordinasi persiapan verifikasi faktual Parpol calon peserta Pemilu 2019 pasca putusan MK, yang diikuti seluruh Kasubag Hukum sekertariat KPU kabupaten/kota se-Papua Barat, di Aula Sekretariat KPU PB, Sabtu (27/1/2018). (Foto : Kris Tanjung/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Peserta Pemilu 2019.  Komisi Pemilihan Umum Papua Barat (KPU PB) hari ini akan mengumumkan calon Partai-partai Politik (Parpol) yang lolos menjadi peserta Pemilu 2019.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU PB, divisi hukum, Yotam Senis, saat dihubungi Papuabaratoke.com melalui sambungan telepon selulernya, Senin (12/2/2018) pagi.

Yotam menuturkan, KPU PB telah menggelar rapat pleno pengumuman hasil verifikasi faktual sejak, Minggu (11/2/2018) kemarin dan akan dilanjutkan, Senin, (12/2/2018) pagi ini.

“Secara keseluruhan kami (KPU PB, red) akan mengumumkan hasil verifikasi faktual tingkat Provinsi hari ini. Karena kemarin masih ada dua kabupaten yang belum dibacakan, yaitu Manokwari Selatan (Mansel) dan Teluk Bintuni. Karena seharusnya seluruh 13 kabupaten/kota,” terang Yotam.

Dikatakan, meski Parpol-parpol ini sudah dinyatakan memenuhi sayarat di 11 kabupaten/kota pada rapat pleno KPU PB, Minggu kemarin. Yaitu PSI, Perindo, Berkarya, Garuda, Demokrat, Nasdem, PKB, PKS, PBB, PPP, Gerindra, PDIP Golkar, Hanura, dan PAN.

Namun KPU baru akan memutuskan lolos dan tidaknya seluruh Parpol tersebut menjadi peserta Pemilu 2019, setelah mendengar hasil yang akan dibacakan 2 kabupaten hari ini yaitu Mansel dan Teluk Bintuni.

“Sekali lagi, KPU PB baru akan secara resmi menyatakan Parpol ini lolos menjadi peserta Pemilu 2019 setelah mendengar hasil akumulasi dari seluruh kabupaten/kota, hari ini sesuai agenda yang dijadwalkan,” jelasnya.

Dia menjelasakan, sesuai Peraturan KPU, bahwa presentasi akumulasi untuk menyatakan Parpol tersebut memenuhi syarat atau tidak, di KPU kabupaten/kota adalah 50 persen. Sedangkan di tingkat KPU provinsi 75 persen dan KPU RI 100 persen.

“Artinya, nanti hasil keseluruhan yang dibacakan dari 13 kabupaten/kota akan diakumulasi lagi, sehingga bisa melihat mana Parpol yang memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Pleno kita akan lanjutkan (Senin, Pukul 10.00 WIT, red) pagi ini,” Pungkas Yotam.

Baca Juga:  Pasca Cabut Nomor Urut "Garuda" Semakin "PD" Raih Kemenangan di Pemilu 2019
Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!