Portal Berita Papua Barat

Noken, Simbol dan Identitas Budaya Papua Yang Membanggakan

2

Manokwari, Papuabaratoke.com – Keberadaan 250 suku dengan 300 bahasa lokal, merupakan kelebihan tersendiri yang dimiliki Papua.

Selain memiliki kekayaan alam yang melimpah, beragam budaya pun menggambarkan kelebihan provinsi yang berdiri di ujung timur Nusantara ini. Salah satu produk budaya yang unik dan khas adalah Noken.

 

Noken sendiri memiliki simbol budaya sosial ekonomi, sekaligus identitas orang Papua yang mengandung nilai yang secara filosofis dan perlu dilestarikan.

Keberagaman Noken ini pun sudah menjadi warisan budaya tak benda dunia yang ditetapkan UNESCO PBB, tanggal 4 Desember 2012 lalu. hal ini setelah Pemerintah RI bekerjasama dengan Komunitas Noken Papua dan LSM, mendaftarkan Noken sebagai hasil karya tradisional ke UNESCO.

Kasubdit Warisan Budaya Tak Benda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Lien Dwiari Ratnawati, menilai kehadiran Noken sebagai warisan budaya dunia menjadi keganggaan tersendiri bagi masyarakat Papua.


[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=4mljLVCXvu8[/embedyt]

“Tugas kita tidak berhenti setelah Noken dikenal dunia. Yang utama, bagaimana kita jaga nilai luhur yang terkandung dalam Noken agar dikenal juga oleh anak cucu kita,” ujarnya saat Sarasehan dan Pameran Noken Tahun di Gedung Wanita Manokwari, Selasa (5/9/2017).

Menurutnya, Noken tak hanya sebagai sebuah tas, namun menghadirkan sebuah warna tersendiri, termasuk
warna serta jiwa dari masyarakat Papua. Tak ada yang menampik jika Noken berperan penting dalam kehidupan masyrakat Papua.
“Noken masuk dalam kriteria memerlukan perlindungan sesegera mungkin agar tidak punah,” pesannya. (VWM/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!