Portal Berita Papua Barat

Ombudsman Dorong Pola Pengawasan Partisipatif

0 26
Ombudsman Dorong Pola Pengawasan Partisipatif
Ombudsman Dorong Pola Pengawasan Partisipatif – Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman Perwakilan Provinsi Papua Barat, Yules Rumbewas
Manokwari, Papuabaratoke.comOmbudsman Dorong Pola Pengawasan Partisipatif. Ombudsman Republik Indonesia (ORI) mendorong pengawasan pelayanan publik partisipatif. Pengawasan ini diharapkan sudah bisa dilakukan tahun 2018 mendatang.

Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman Perwakilan Provinsi Papua Barat Yules Rumbewas, Jumat (29/9/2017) mengatakan, untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan, beberapa kegiatan telah disiapkan.

“Kami telah merancang beberapa kegiatan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pelayanan publik di Papua Barat khususnya di Manokwari. Diantaranya, sosialisasi dan pertemuan berkala, pertemuan ini sasarannya pelajar, mahasiswa, dan media serta LSM,” katanya.

Kata Yules, Ombdusman akan membekali kemapun pengawasan tentang cara mendapatkan pelayanan publik cepat, murah, dan sederhana. Dengan harapan, mereka yang telah dibekali dapat menjadi pendamping di masyarakat. Untuk, membantu mengawal dan mendorong serta menjaga pelayanan publik di lingkungannya ketika ada yang mengalami maladministrasi.

Baca Juga:  ORI Perwakilan Papua Barat Beri Rapor Merah Pelayanan Publik Kota Sorong

“Tanpa harus datang ke Ombudsman, pendamping dapat mengadvokasi serta menyelesaikan praktik maladministrasi yang dialami masyarakat seperti pelayanan publik di sekolah, masyarakat, rumah sakit, pemerintahan, BUMN, BUMD,” ujar dia.

Yules menambahkan, pembekalan dimulai dengan mengenalkan tentang apa itu Ombudsman dan fungsi serta peran lembaga. ”Sampai sekarang banyak masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara yang belum tahu apa itu Ombudsman. Ombudsman adalah lembaga negara yang mengawasi penyelenggara pelayanan publik baik di pusat maupun di daerah,” pungkasnya. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!