Portal Berita Papua Barat

Papua Barat Gunakan Inseminasi Kembangkan Ternak Sapi

0 65
Papua Barat Gunakan Inseminasi
Ir. Yacob Fonataba, M.Si

Manokwari, Papuabaratoke.comPapua Barat Gunakan Inseminasi. Sejak Tahun 2014, Papua Barat sudah memiliki 3 range (kandang peternakan) Sapi di Bomberay (Fakfak), Kebar (Tambrauw), dan Aimas (Sorong).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Ir. Yacob Fonataba, M.Si, menyatakan range ini diharapkan menjadi suplai daging untuk kebutuhan pasar.

Namun, untuk mendukung swasembada sapi kedepan, akan dilakukan dengan cara Inseminasi buatan atau kawin suntik. Pasalnya, mendatangkan sapi dari luar membutuhkan biaya yang tinggi.

“Kami pilih gunakan Inseminasi buatan untuk pengembangan ternak sapi. Kalau datangkan sapi dari luar biayanya cukup besar,” bebernya, Jumat (8/9/2017).

Menurutnya, tak hanya biaya yang besar namun mendatangkan sapi dari luar juga memiliki resiko yang tinggi. Selai itu, ternak sapi betina sesuai aturan disarankan untuk tidak dipotong namun dipelihara.

Inseminasi buatan merupakan teknik memasukkan mani (sperma atau semen) cair milik ternak sapi jantan ke saluran alat kelamin sapi betina, dengan menggunakan metode dan alat khusus.

“Teknik Inseminasi ini akan dilakukan pada ternak sapi di Papua Barat,” bebernya. (TOM/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com