Portal Berita Papua Barat

Pastikan Perayaan Puncak Pergantian Tahun Aman, Polda PB Berlakukan “Car Free Night”

0 12
Car Free Night
Car Free Night – AKBP Indra Darmawan Iriyanto,S.Ik, MSc.(Foto: tribratanewspapuabarat.com)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Car Free Night.  Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat, terus berupaya memastikan perayaan malam puncak pergantian tahun baru yaitu dengan memberlakukan Car Free Night atau malam bebas kendaraan. Hal ini diungkapkan Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja melalui Dirlantas AKBP Indra Darmawan Iriyanto,S.Ik, MSc di hadapan awak media dalam Press Release akhir tahun di Mapolda, Kamis (28/12/2017).

Dia mengatakan, kegiatan Car Free Night yaitu malam dimana dalam waktu yang ditentukan, untuk sementara dilarang melintas. Yakni, Minggu, 31 Desember 2017, sekira pukul 22.00 hingga selesai puncak perayaan malam pergantian tahun.

Disebutkan, jalur yang akan dialihkan sementara, yakni, sepanjang jalan Yos Sudarso putaran Latando, putaran fokus depan pasar tinggkat sanggeng. Kemudian, perempatan lampu merah Kopal menuju jalan pahlawan hingga Mapolda Papua Barat, melalui jalan Condro Negoro hingga Jembatan Sahara.

Sedangkan untuk arus kendaraan dari arah Hadi Mall diarahkan menyusuri jalan Condro Negoro dan berputar depan Kejaksaan Negeri Manokwari hingga perempayan lampu merah Haji Bau.

Sementara untuk penutupan jalan, yaitu mulai dari perempatan lampu merah kantor POM TN, jalur samping KPU, hingga jalur samping PLN.

“Tujuan dari Car Free Night, ini, untuk mengantisipasi konvoi kendaraan sebelum sesaat dan setelah tahun malam puncak pergantian tahun baru. Sehingga malam pergantian tahun berjalan aman.

Dijelaskan, khusus pada penggunaan kembang api pihaknya juga akan arahkan pada tempat yang lebih luas, yakni di lapangan Bola Borasi. Tujuannya kata dia, agar tak mengganggu penggunan jalan.

“Sangat rawan jika penggunaan kembang api di jalan raya atau pemukiman padat penduduk. Karena itu kita arahkan di lapangan atau tempat yang luas,” jelasnya.

Baca Juga:  Tak Indahkan Larangan Bupati, Ijin Melia Grand H & K Terancam Dicabut

Terakhir dikatakannya, bahwa Car Free Night juga diberlakukan di Kota Sorong, yakni sepanjang jalan Tembok Berlin.
Pemberlakuan Car Free Night, khusus di Manokwari, pun ditindaklanjuti melalui surat himbauan Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi, dengan nomor HK/01/XII/2017/Res Manwar.

 

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!