Portal Berita Papua Barat

Pegunungan Arfak Jadi Sentra Budi Daya Sayuran Dataran Tinggi

0 117
Sentra Budi Daya Sayuran
Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Yacob Fonataba

Manokwari, Papuabaratoke.comSentra Budi Daya Sayuran.  Daerah budi daya tanaman sayuran dataran tinggi di Provinsi Papua Barat dinilai cocok dilakukan di Kabupaten Pegunungan Arfak. Pemerintah Provinsi terus berupaya membudiyakan jenis sayuran tersebut untuk memenuhi kebutuhan lokal.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Yacob Fonataba, Rabu (6/9/2017) mengatakan, Kementerian Pertanian RI telah menggelontorkan dana senilai Rp 2 miliar lebih untuk mendukung kegiatan budidaya sayuran dataran tinggi.

Sentra Budi Daya Sayuran

“Spesifik lokal untuk lokasi potensi adalah di Kabupaten Pegunungan Arfak. Kita mendapatkan alokasi sekitar 200 hektar dengan nilai diatas 2,2 miliar rupiah. Waktunya tinggal 3 bulan sehingga harus dikerjakan,” ujarnya.
Kata Fonataba, pemenuhinan sayuran dataran tinggi, seperti kol, kentang, dan wortel masih disuplai dari luar daerah termasuk juga komiditas bawang dan cabe. “Produktifitas lokal masih minim. Sementara, konsumsi masyarakat Papua Barat sangat tinggi,” tuturnya.

Dia menambahkan, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan telah bertemu dengan Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman. Pertemuan yang telah dilakukan sebanyak 2 kali itu, gubernur minta kepada pak menteri untuk membantu Papua Barat dalam rangka pelaksanaan program pertanian. (TOM/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com