Portal Berita Papua Barat

Pelaku Curanmor Rata-Rata Usia Remaja dan Masih Sekolah

0 11

Manokwari, Papuabaratoke.com – Tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor (curanmor)  di wilayah Manokwari dan sejumlah Daerah lain di Papua Barat, didominasi anak usia Sekolah hingga remaja.

Kepala Direktorat Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Papua Barat, Kombes Pol Bonar Sitinjak, mengatakan, perhatian Orang Tua dan pihak Sekolah sangat penting.

“Harus ada sinergitas antara Orang Tua, Pemerintah juga Kepolisian dalam rangka menurunkan angka curanmor di Manokwari. Jika tidak, curanmor tetap menjadi ancaman,” ujarnya, Senin (12 Juni 2017).

Menurutnya, modus pelaku yang rata-rata berusia remaja ini beraksi saat ada peluang. Jika niat ditambah kesempatan, terjadilah tindak kriminal curanmor diamanapun.

“Mereka selalu menunggu kesempatan untuk berbuat criminal atau dengan rumus ( N + K = Crime), artinya Niat ditambah Kesempat memicu tindak kriminal,” bebernya.

Bonar mengaku kasus curanmor melibatkan remaja usia sekolah cukup tinggi. Buktinya, lima tersangka sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Papua, pekan lalu. Selain itu, masih ada 3 tersangka lain yang menunggu perlengkapan berkas untuk dilimpahkan.

“Para pelaku umumnya memiliki keterkaitan dalam jaringan. Ini yang sedang kita kembangkan,” paparnya. (ARN/PBoke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!